web analytics
  

Travel Umrah Bandung Mulai Persiapkan Keberangkatan di Tengah Pandemi

Senin, 2 November 2020 13:56 WIB Adi Ginanjar Maulana
Bandung Raya - Bandung, Travel Umrah Bandung Mulai Persiapkan Keberangkatan di Tengah Pandemi, Umrah,Umrah dibuka,Travel umrah dan haji Kota Bandung,Ubah Laku,Jurnalisme Ubah Laku

Ilustrasi umrah. (Ayobandung.com/Adi Ginanjar Maulana)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Travel umrah dan haji di Kota Bandung saat ini mulai melakukan berbagai persiapan untuk memberangkatkan jemaah. Hal ini seiring dengan adanya informasi kebijakan Kerajaan Arab Saudi membuka umrah pada November 2020 secara bertahap.

Marketing PT Armada Safari Suci, Arief Chandra mengatakan, sebenarnya persiapan sudah dilakukan sejak pandemi Covid-19 ke Indonesia terjadi pertengahan Maret 2020 lalu.

"Saat itu, kebetulan rombongan Safari Suci yang terakhir melakukan umrah sebelum Kerajaan Arab Saudi menutup ibadah tersebut. Alhamdulilah, ada persiapan yang cukup baik berkaca dari umrah terakhir," katanya kepada Ayobandung.com, Senin (2/11/2020).

Safari Suci akan memprioritaskan calon jemaah yang rencana pemberangkatan Maret-April 2020. Sehingga akan ada terjadi proses reschedule pemberangkatan dalam waktu dekat.

Jumlah calon jamaah yang gagal berangkat pada periode Maret-April 2020 mencapai 400 orang.

"Kami memprioritaskan yang itu dulu (periode Maret-April). Sekarang sedang proses berkomunikasi dengan calon jemaah mengenai kesediaannya berangkat di masa pandemi Covid-19," ujarnya.

Menurutnya, butuh komitmen kuat dalam pemberangkatan umrah pada era adaptasi kebiasaan baru (AKB) saat ini. Terlebih, Kerajaan Arab Saudi merilis 18 aturan yang perlu dipatuhi calon jemaah umrah.

Dia menjelaskan, ada beberapa poin yang cukup memberatkan bagi calon jemaah salah satunya batas usia 18-50 tahun.

"Maka dari itu, kami terus berkomunikasi dengan calon jemaah. Mudah-mudahan yang ada di usia itu masih bisa berangkat nantinya," ujarnya.

Berbicara target calon jemaah umrah pada tahun ini, kata dia, belum ada. Sebab, masih memantau kondisi dan situasi terkini di Arab Saudi. Biasanya, dalam setahun Safari Suci memberangkatkan 2.000-2.500 jemaah umrah.

"Kami masih prioritaskan yang calon jemaah Maret-April," katanya.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan jika calon jemaah lain yang akan mendaftar bisa ikut serta dalam rombongan awal keberangkatan umrah.

Ditanya soal adanya kenaikan biaya umrah, Arief menjelaskan, pasti ada. "Dilihat dari kenaikan pajak 30% saja yang diberlakukan Arab bagi calon jemaah sudah menunjukkan tarif naik," ujarnya.

Namun, saat ini belum ada keputusan berapa kenaikan biaya tersebut. Terlebih masih mengikuti perkembangan di Arab Saudi dan pemerintah Indonesia.

"Untuk biaya pasti naik, tapi belum tahu berapa. Untuk tanggal keberangkatan sendiri, mudah-mudahan akhir tahun 2020 atau Januari 2021," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers