web analytics
  

Spurs Menang 2-1 atas Brighton. Bale Cetak Gol

Senin, 2 November 2020 06:47 WIB
Olahraga - Sepak Bola, Spurs Menang 2-1 atas Brighton. Bale Cetak Gol, Hasil Liga Inggris,Tottenham Hotspur vs Brighton,Gareth Bale

Winger Tottenham Hotspur, Gareth Bale (tengah) menyundul bola di antara kawalan pemain Brighton and Hove Albion pada laga Liga Primer Inggris di London, Senin (2/11) dini hari WIB. Tottenham menang 2-1. (EPA-EFE/Julian Finney)

AYOBANDUNG.COM -- Gareth Bale membayar kepercayaan pelatihnya, Jose Mourinho. Akhirnya ia membuka catatan golnya pada kesempatan kedua memperkuat Tottenham Hotspur.

Pemain pinjaman dari Real Madrid itu mencetak gol kemenangan Spurs kala membungkam tamunya, Brighton and Hove Albion, 2-1, pada pekan ketujuh Liga Primer Inggris, Senin (2/11) dini hari WIB.

Selain menjadi gol perdana buat Bale di pentas Liga Primer Inggris, gol pada menit ke-73 itu juga menjadi gol pertama eks winger Southampton itu setelah tujuh tahun dan 166 hari setelah meninggalkan The Lilywhites dan bergabung bersama Real Madrid.

Gol ini juga istimewa lantaran membawa Spurs merangsek ke peringkat kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan raihan 14 poin dari tujuh laga. Spurs hanya terpaut dua poin dari Liverpool.

Laga baru berjalan 13 menit, tim tuan rumah sudah mencatatkan keunggulan. Wasit Graham Scott menunjuk titik putih setelah Adam Lallana dinilai melanggar Harry Kane. Mantan winger Liverpool itu menaiki punggung Kane saat berduel berebut bola. Namun, keputusan Scott ini dianggap akan memicu kontroversi. Pasalnya, Lallana dinilai tidak melakukan pelanggaran tersebut tepat di dalam kotak penalti.

Kendati begitu, meski telah melakukan review VAR, wasit tetap memberikan hadiah penalti buat The Lilywhites. Kane, yang ditunjuk sebagai algojo tendangan penalti itu, melakukan tugasnya dengan baik. Ini menjadi gol ke-199 penyerang asal Inggris itu selama memperkuat tim utama Spurs.

Spurs pun mampu menutup babak pertama dengan keunggulan satu gol. Namun, tidak perlu waktu lama buat Brighton menyamakan kedudukan. Saat babak kedua baru berjalan 11 menit, The Seagulls menyamakan kedudukan. Bek kanan berusia 20 tahun, Tariq Lamptey, mencatatkan namanya di papan skor.

Merangsek di sisi kiri pertahanan Spurs, Lamptey melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari tengah lapangan. Gol ini sempat diprotes oleh para penggawa Spurs karena sebelum gol tersebut, winger Brighton, Solly March, dinilai telah melanggar Pierre-Emile Hojbjerg. Wasit kemudian melakukan review VAR setelah sempat mengesahkan gol tersebut.

Bahkan, wasit sempat melihat langsung video tayangan ulang saat terjadinya pelanggaran terhadap Hojbjerg tersebut. Namun, setelah memakan waktu beberapa menit, wasit akhirnya tetap pada keputusannya untuk mengesahkan gol The Seagulls tersebut.

Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan raihan poin penuh di laga kandang, Spurs langsung tancap gas dan meningkatkan intensitas serangan. Pada menit ke-68, Erik Lamela mendapatkan peluang emas lewat sepakan mendatar. Namun, bola sepakan Lamela itu masih membentur mistar gawang.

Berselang dua menit setelah peluang tersebut, Lamela akhirnya ditarik keluar. Gareth Bale masuk menggantikan pemain asal Argentina itu pada menit ke-70. Baru tiga menit merumput, Bale mampu merobek gawang tim tamu. Bale menanduk umpan lambung Sergio Reguillon tepat di depan mulut gawang The Seagulls.

Bola tandukan Bale itu bersarang di sebelah kanan gawang The Seagulls. Ini menjadi gol pertama pemain asal Wales itu buat Spurs sejak datang ke Stadion Tottenham Hotspur sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid. Gol ini pun seolah menjadi penanda kembalinya Bale di pentas Liga Primer Inggris.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers