web analytics
  

Wisata Gunung Galunggung Didominasi Wisatawan Luar Daerah

Minggu, 1 November 2020 17:08 WIB Heru Rukanda
Umum - Regional, Wisata Gunung Galunggung Didominasi Wisatawan Luar Daerah, Gunung Galunggung,Tiket Wisata Galunggung,Wisata Tasikmalaya

Objek wisata alam Gunung Galunggung. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM – Hari terakhir libur panjang cuti bersama dimanfaatkan sebagaian orang untuk berwisata. Salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar daerah adalah objek wisata alam Gunung Galunggung, di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

Pantauan Ayotasik.com di lokasi wisata alam pemandian air panas dan kawah Gunung Galunggung, kendaraan yang mamasuki kawasan Gunung Galunggung merupakan kendaraan dari luar kota, seperti Jakarta, Bandung, Sukabumi, Bogor, Purwakarta, dan Cirebon. Bahkan ada yang dari luar wilayah Jawa Barat.

Pengelola kawasan pemandian air panas Gunung Galunggung dinas pariwisata Kabupaten Tasikmalaya, Syahidin mengatakan, ada peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Cipanas Galunggung. Peningkatan pengunjung terjadi sejak Jumat hingga Minggu.

“Sampai siang ini sekitar 700 pengunjung sudah masuk ke Cipanas Galunggung. Ada peningkatan jumlah pengunjung dibandinkan dengan hari libur biasa,” ujar Syahidin, Minggu, (1/11/20202).

Antrean kendaraan ke wisata Gunung Galunggung. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

Hal senada diutarakan oleh Cluster Manajer objek wisata kawah Gunung Galunggung Perhutani Jawa Barat (Jabar), Dudung Suhaeri. Menurutnya, pengunjung yang datang ke kawasan kawah Gunung Galunggung didominasi kendaraan roda 4 dari luar daerah.

“Banyak wisatawan dari luar daerah Tasikmalaya pada libur panjang ini. Peningkatan jumlah kunjungan sekitar 90% dari kunjungan hari libur biasa,” ucap Dudung.

Dudung mengatakan, dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Galunggung, pihaknya jauh-jauh hari telah membentuk satuan tugas penanganan Covid-19 yang diberi nama satgas Covid Ranger.

Satgas tersebut bertugas untuk mengingatkan para pengunjung agar selalu menerapkan protokol kesehatan selama berada di kawasan objek wisata Gunung Galunggung.

“Satgas Covid ranger ini ada yang bertugas patroli dan standby di sejumlah titik untuk memantau dan menigatkan pengunjung akan protokol kesehatan,” ujar Dudung.

Ia menambakan, pihaknya juga sudah menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di beberapa lokasi, diantaranya di sekitar tangga yang menuju ke kawah, baik di tangga kuning maupun tangga biru.

Sementara itu, salah seorang wisatawan asal Bandung, Dani (50) mengatakan, dia sengaja datang ke Galunggung untuk berendam di air panas alami Gunung Galunggung, sekaligus bersilaturahmi dengan kerabat yang ada di Tasikmalaya.

“Silaturahmi ke keluarga di Tasik dan ingin berendam di air panas alami Gunung Galunggung. Saya datang bersama anak istri ke sini,” ucap Dani.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para wisatawan, petugas kepolisian dari Polsek Sukaratu Polresta Tasikmalaya nampak berjaga di pintu masuk dan berpatroli ke dalam kawasan Cipanas Galunggung.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers