web analytics
  

Dianggap Kritik PSSI, Robert Alberts Beri Klarifikasi

Minggu, 1 November 2020 14:45 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Dianggap Kritik PSSI, Robert Alberts Beri Klarifikasi, Robert Albert PSSI,Pelatih Persib Robert Albert,PSSI,Persib Bandung

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung Robert Alberts memberikan klarifikasi terkait pernyataannya beberapa waktu lalu. Pertanyaan tersebut telah menimbulkan kesalahpahaman yang melibatkan dirinya dan PSSI.

Dalam sejumlah pemberitaan, Robert mengatakan ada oknum rakus dan mementingkan pribadi di tubuh PSSI. Padahal, Robert merasa tidak pernah menyebutkan kata-kata tersebut untuk mengkritik atau menyerang organisasi induk sepak bola Tanah Air itu.

"Jika versi asli ditunjukan seperti yang saya katakan seusai latihan, saya berbicara dalam bahasa Inggris karena saya tahu betul apa yang saya sampaikan," kata Robert saat ditemui awak media, Minggu (31/10/2020).

"Jadi saya tahu apa yang saya sampaikan dan di suatu bagian wawancara itu saya berbicara positif soal apa yang bisa kami capai dari Indonesia dengan kepemimpinan baru, yang mana itu sudah berjalan bagus. Saya hanya bicara tentang hal yang bagus, saya tidak pernah berkata tentang orang di PSSI,"

Pelatih asal Belanda itu mengatakan, ada kesalahan dalam penafsiran dari hasil terjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dari hasil wawancaranya beberapa waktu lalu.

"Apapun yang saya katakan dalam wawancara itu tidak membicarakan secara pribadi kepada siapapun. Bahkan tidak ada kritik untuk PSSI, hanya bicara tentang kemungkinan (masa depan sepak bola Indonesia)," katanya.

Imbas hal tersebut, Robert mengungkapkan, manajemen Persib menghubunginya karena PSSI keberatan dengan isi pemberitaan tersebut. Padahal Robert merasa tidak pernah mengeluarkan perkataan yang bersifat menyerang atau mengkritisi PSSI

"Sekali lagi saya merasa terkejut dan kecewa dalam waktu yang bersamaan. Karena dalam berita yang baik, orang-orang masih memanipulasi menjadi terjemahan yang negatif. Dan karena itu, orang berpikiran salah tentang saya, saya rasa itu tidak menghargai saya. Saya sangat kecewa," katanya.

Dia hanya menegaskan, ada kesalahan dalam menerjemahkan hingga menempatkan dirinya dalam posisi yang buruk. Kala itu, Robert mengaku menjawab pertanyaan media dengan cara yang positif. Karenanya, menurut Robert, pemberitaan itu tidak sesuai dengan fakta yang sampaikan.

"Saya hanya diberitahu melalui telepon oleh Direktur saya, saya tidak mengetahui hitam putihnya mengenai ini. Jadi saya tidak bisa memberi komentar mengenai hal itu. Jadi kita lihat apa yang akan terjadi ke depan, tapi seperti yang saya katakan, saya berbicara setiap hari seusai latihan kepada media kami menggunakan bahasa Inggris dan saya tidak pernah berbicara yang salah," jelasnya.

"Jadi ketika melihat ada yang salah, saya pikir ada orang yang salah dalam menerjemahkan dan itu menempatkan saya dalam posisi ini. jadi dia harus meminta maaf pada saya secara terbuka," ujar Robert.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers