web analytics
  

Jelang MU vs Arsenal, Arteta: MU Punya Ragam Taktik dan Strategi

Minggu, 1 November 2020 13:02 WIB
Olahraga - Sepak Bola, Jelang MU vs Arsenal, Arteta: MU Punya Ragam Taktik dan Strategi, Jelang MU vs Arenal,Liga Inggris,Mikel Arteta,Ole Gunnar Solksjaer

Manajer Arsenal Mikel Arteta di pinggir lapangan melihat skuatnya menghadapi Leicester City dalam lanjutan Liga Inggris di Emirates Stadium. (Shaun Botterill / POOL / AFP)

AYOBANDUNG.COM -- Manajer Arsenal, Mikel Arteta mewaspadai taktik dan strategi Manchester United jelang bentrok di lanjutan Liga Premier Inggris, Minggu (1/11/2020). Menurut eks asisten Josep Guardiola di Manchester City itu, United kini punya ragam taktik dan aspek yang harus diwaspadai Arsenal.

"Mereka dapat memainkan dua atau tiga formasi berbeda ... mereka dapat mengubah beberapa hal tergantung lawan [yang dihadapi]," kata Arteta dikutip dari Metro, Minggu (1/11/2020).

"[Hal itu] karena kualitas pemain yang mereka miliki dan terkadang mengubah permainan pada momen-momen tertentu," tambahnya.

Merujuk Whoscored, Manchester United musim ini setidaknya telah menggunakan tiga taktik berbeda di semua ajang, baik Liga Premier maupun Liga Champions.

Di Liga Premier, MU telah lima kali menggunakan formasi yang sama, yakni 4-2-3-1. Sementara di Liga Champions, tim tersukses di Inggris itu sudah menggunakan dua formasi berbeda yakni 3-4-1-2 dan 4-1-2-1-2.

Formasi 4-1-2-1-2 atau kerap disebut 4-4-2 diamond itu diterapkan Solskjaer saat timnya menghadapi RB Leipzig. Hasilnya, Mason Greenwood dan kolega melumat tim Jerman dengan skor telak 5-0.

Di Liga Premier sendiri, Arsenal dan Manchester United tengah terpuruk. Keduanya sama-sama kepayahan dalam beberapa laga terakhir.

The Gunners untuk sementara bertengger di posisi ke-12 klasemen sementara dengan raihan sembilan poin, hasil dari tiga kali menang dan tiga kalah dalam enam pertandingan terakhir.

Sementara kondisi Manchester United lebih memprihatinkan. Pasukan Solskjaer duduk di posisi ke-15 dengan raihan tujuh poin hasil dari dua kemenangan dan satu imbang dari lima laga.

Merujuk rekor pertemuan, Arsenal lebih diunggulkan dengan meraih dua kemenangan dari tiga perjumpaan terakhir. Manchester United hanya berhasil menahan imbang Arsenal 1-1 di Old Trafford pada pertemuan tahun lalu.

Kendati demikian, Arteta menyebut MU musim ini tampil lebih solid. Selepas lockdown virus Corona di Inggris musim lalu, performa The Red Devils meningkat pesat.

"Sejak lockdown, Ole [Gunnar Solskjaer] berhasil meningkatkan banyak hal dan Anda dapat melihat bahwa di akhir musim [lalu], jumlah gol dan jenis gol yang mereka cetak. Mereka adalah ancaman," kata Arteta.

"Kami harus bersiap untuk itu karena mereka memiliki kemampuan beradaptasi, mereka memiliki skuad yang besar dan di depan mereka memiliki banyak pilihan untuk melakukan hal-hal yang berbeda."

Arsenal belum pernah mengalahkan Manchester United di Old Trafford sejak 2006 tetapi Arteta menegaskan timnya akan 'pergi ke sana untuk menang'.

"Saya ingin percaya kita semakin dekat untuk meraih kemenangan di sana," kata bos The Gunners.

"Yang pasti pola pikir kami adalah pergi ke sana dan menang. Itulah pendekatan yang akan kami miliki dan alur game yang akan kami gunakan," tandasnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers