web analytics
  

Wisata Outdoor Segar di Curug Badak Batu Hanoman Tasikmalaya

Minggu, 1 November 2020 11:21 WIB Heru Rukanda
Gaya Hidup - Wisata, Wisata Outdoor Segar di Curug Badak Batu Hanoman Tasikmalaya, Curug Badak Batu Hanoman,Wisata Tasikmalaya,Wisata outdoor

Objek wisata alam Curug Badak Batu Hanoman, di Wilayah Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (1/11/2020). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Jika anda sedang berlibur di Tasikmalaya, tidak ada salahnya berkunjung ke objek wisata alam Curug Badak Batu Hanoman yang berada di wilayah Desa Sukasetia dan Desa Sunda Kerta, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

Sejak 3 tahun terakhir, objek wisata Curug Badak Batu Hanoman yang terletak di kawasan hutan milik perhutani wilayah Utara Kabupaten Tasikmalaya ini terus bertransformasi menjadi sebuah objek wisata alam yang patut untuk dikunjungi.

Administratur Perhutani Tasikmalaya, Beni Suko Triatmoko melalui Manajer Bisnis Perhutani Tasikmalaya Yaya Sutia mengatakan, wilayah hutan yang dikelola oleh Perhutani Tasik memiliki sejumlah objek wisata alam yang menarik, salah satunya objek wisata alam Curug Badak Batu Hanoman dengan luas area sekitar 5 hektar yang terbagi dalam 3 petak, yakni petak 23c1/ petak 23b, dan petak 23d.

“Kami terus berbenah untuk menjadikan objek wisata Curug Badak Batu Hanoman terus berkembang dan menjadi referensi destinasi para wisatawan lokal maupun luar daerah,” ujar Yaya, Minggu (1/11/2020).

Menurut Yaya, di samping keindahan panorama air terjun atau curug, suasana alam yang sejuk dengan udara yang bersih menjadi daya tarik tersendiri dari Curug Badak Batu Hanoman ini.

“Sebetulnya ada 2 curug di objek wisata ini, yakni Curug Badak dan Curug Batu Hanoman. Jarak ke 2 Curug tidak begitu jauh. Dari area parkir kendaraan pengunjung harus berjalan kaki sekitar 300 meter untuk mencapai curug,” ungkapnya.

Yaya menambahkan, saat ini sudah banyak warung dan kedai kopi untuk tempat beristirahat sambil menikmati sejuknya udara hutan pinus. “Kami terus berbenah agar destinasi wisata ini menjadi tujuan utama wisatawan,” ujarnya.  

Ia menegaskan, dalam pengelolaan kawasan wisata alam ini pihaknya memberdayakan masyarakat desa hutan dari dua desa, yakni Desa Suka Setia dan Desa Sunda Kerta, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

“Kami bekerja sama dengan masyarakat di 2 desa untuk bersama-sama menjaga dan meningkatkan pelayanan, sehingga diharapkan jumlah kunjungan akan terus meningkat,” ucapnya.

Di libur panjang cuti bersama kali ini, diakui Yaya ada terjadi peningkatan jumlah pengunjung. Jika hari-hari biasa jumlah pengunjung sekitar orang 30 sampai 40 orang, tetapi di hari libur ini mencapai lebih dari 100 pengunjung.

“Tiket masuk hanya Rp8.500. Alhamdulillah ada kenaikan jumlah pengunjung di hari libur panjang ini. Mudah-mudahan akan terus meningkat ke depannya,” ungkapnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers