web analytics
  

Bandung Diguyur Hujan Lebat, Yuk Siapkan Tas Siaga Bencana

Minggu, 1 November 2020 10:38 WIB Fira Nursyabani
Bandung Raya - Bandung, Bandung Diguyur Hujan Lebat, Yuk Siapkan Tas Siaga Bencana, Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG,Prakiraan Cuaca Bandung,tas siaga bencana

Seorang pengendara sepeda motor melintasi Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (22/10/2020). (Ayobandung.com/Ryan Suherlan/magang)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang akan terjadi di wilayah Bandung pada Minggu (1/11/2020) sore. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan akan berlangsung mulai siang hingga malam hari.

Hujan lebat diprakirakan akan turun secara merata di seluruh wilayah Kota Bandung dan Kota Cimahi. Sedangkan untuk Kabupaten Bandung Barat, hujan akan turun deras di wilayah Parompong, Lembang, dan Cisarua.

Hujan lebat juga turun di Kabupaten Bandung, tepatnya di Cimenyan dan Cilengkrang, kemudian dapat meluas ke Ujungberung, Cibiru, Cileunyi, Rancaekek, Cicalengka, Nagreg, Cikancung, Solokan Jeruk, Ciparay, Majalaya, Ibun, Paseh, Margahayu, Dayeuhkolot, Katapang, Baleendah, Anjarsari, dan Banjaran.

Mempersiapkan tas siaga bencana

Merujuk pada Buku Saku Siaga Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2019, tas siaga bencana adalah tas yang dipersiapkan anggota keluarga untuk berjaga-jaga apabila terjadi suatu bencana atau kondisi darurat lain.

Komponen Tas Siaga Bencana. (Buku Saku Siaga Bencana BNPB)

Fungsinya adalah sebagai persiapan untuk bertahan hidup saat bantuan belum datang dan memudahkan kita saat evakuasi menuju tempat aman.

Beberapa barang yang harus ada di dalam tas meliputi makanan ringan yang tahan lama, surat-surat berharga, pakaian dan jaket perlengkapan keselamatan seperti peluit, alat bantu penerangan, radio, charger, kotak P3K dan obat-obatan pribadi. Juga peralatan mandi, air mineral, masker, pakaian ganti, serta uang cash secukupnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers