web analytics
  

Ingin Terhindar dari Asam Urat, Sobat Muda Yuk Kurangi 5 Makanan Ini

Minggu, 1 November 2020 07:44 WIB Arditya Pramono
Gaya Hidup - Sehat, Ingin Terhindar dari Asam Urat, Sobat Muda Yuk Kurangi 5 Makanan Ini, Asam Urat,Penderita asam urat,makanan sehat,makanan asam urat,sobat muda

Ilustrasi piring (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sobat muda, meskipun Anda tidak memiliki pantangan makan, jangan sampai Anda sembrono dan terlalu berlebihan dalam memakan segala jenis makanan.

Usahakan untuk selalu makan dalam porsi wajar dan memilih mengonsumsi makanan yang sehat, bersih dan bergizi.

Nah, apalagi agar terhindar dari penyakit asam urat, Anda harus menghindari makan makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Semakin banyak makanan berkadar purin tinggi yang dikonsumsi, semakin banyak pula kadar asam urat yang diproduksi oleh tubuh.

Menyitat dari laman alodokter.com, berikut 5 jenis makanan tinggi purin penyebab asam urat:

1. Makanan laut

Meski makanan laut memiliki banyak manfaat bagi tubuh, penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan laut yang mengandung banyak purin. Beberapa di antaranya adalah kerang, ikan teri, sarden, tuna, tiram, udang, lobster, atau kepiting.

Jika ingin mengonsumsi makanan laut yang kaya akan nutrisi namun rendah purin, ikan salmon adalah pilihan yang tepat.

2. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba memang tingi protein, namun daging-daging ini tergolong sebagai makanan penyebab asam urat karena kadar purinnya yang tinggi.

Jika ingin menjaga kadar asam urat darah, Anda bisa mengganti sumber protein pada makanan Anda dengan daging ayam atau sumber protein nabati, seperti kacang kedelai pada tempe dan tahu.

3. Daging unggas

Daging unggas seperti ayam dan bebek umumnya aman dikonsumsi penderita asam urat. Sementara kadar purin pada daging kalkun dan angsa tergolong tinggi, sehingga konsumsinya perlu dibatasi oleh penderita asam urat.

4. Jeroan

Jeroan, seperti hati sapi, otak sapi, maupun usus ayam, juga termasuk salah satu makanan penyebab asam urat yang harus dihindari. Hal ini karena jeroan memiliki kadar purin sangat yang tinggi dan dapat menyebabkan serangan gout akut bila dikonsumsi penderita yang sudah lama menderita penyakit asam urat.

5. Minuman manis

Minuman dengan rasa manis, seperti soda dan minuman kemasan, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Kebanyakan minuman ini mengandung fruktosa yang dapat merangsang produksi asam urat tubuh menjadi lebih banyak.

Selain itu, minuman beralkohol, terutama yang berjenis bir, juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain mengandung banyak purin, bir juga membuat tubuh kesulitan untuk mengeluarkan asam urat dari darah.

Selain makanan di atas, ada juga beberapa makanan penyebab asam urat lainnya yang perlu dibatasi pada penderita asam urat, yaitu produk olahan susu yang tinggi lemak, seperti es krim, susu, dan keju.

Kelebihan asam urat dalam darah bisa tidak bergejala. Namun, kondisi ini dapat memicu timbulnya penyakit asam urat atau gout, yaitu radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Selain itu, asam urat yang berlebih juga dapat menumpuk dan membentuk batu ginjal.

Pada penderita asam urat yang sudah lama, melonjaknya kadar asam urat dalam darah karena konsumsi makanan penyebab asam urat dapat menyebabkan serangan akut yang ditandai nyeri hebat. Kondisi ini bisa sangat mengganggu sampai membuat penderitanya tidak bisa tidur.

Oleh karena itu, konsumsi makanan penyebab asam urat perlu dibatasi, terutama pada orang yang memang sudah memiliki kadar asam urat yang cukup tinggi. Bila sebelumnya Anda memiliki riwayat penyakit asam urat, periksakanlah kadar asam urat Anda secara rutin ke dokter.

Editor: Editor Ayobandung

artikel terkait

dewanpers