web analytics
  

Liga Inggris Hanya Bolehkan 3 Kali Pergantian, Pelatih MU Bilang Ini

Sabtu, 31 Oktober 2020 13:50 WIB Fichri Hakiim
Olahraga - Sepak Bola, Liga Inggris Hanya Bolehkan 3 Kali Pergantian, Pelatih MU Bilang Ini, Liga Inggris,Peraturan Liga Inggris

Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solksjaer. (Manutd/twitter)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 memunculkan sejumlah peraturan terbaru di sepak bola Eropa. Salah satunya peraturan pergantian pemain dalam pertandingan. Liga Inggris hanya memperbolehkan setiap tim menggati pemain 3 kali di setiap laga.

Peraturan pergantian pemain tersebut dikeluhkan pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. Dia mengatakan, dirinya tidak mengerti mengapa klub-klub Liga Inggris memilih tidak menggunakan pergantian pemain sebanyak 5 kali. Padahal di kompetisi lain, seperti Liga Italia, Liga Spanyol, dan Liga Jerman, pergantian pemain maksimal 5 kali.

 “Apakah saya ingin melihat adanya 5 pergantian pemain? Ya, (saya ingin) 100%,” ujarnya dikutip dari laman resmi manutd.com, Sabtu (31/10/2020).

Liga kembali bergulir setelah lockdown Covid-19 pada Juni 2020, tim diizinkan mengganti pemain 5 kali dan 9 nama pemain di bangku cadangan. Namun, beberapa tim Liga Inggris memilih tidak menggunakan pergantian pemain 5 kali tersebut.

“Saya tidak mengerti dan tidak percaya bahwa pemungutan suara bertentangan karena kami harus menjaga para pemain. Kami harus memikirkan para pemain. Musim ini adalah musim yang paling menuntut dari semuanya," kata Ole.

Sebelumnya, Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) mengizikan liga bergulir dengan menggunakan 5 pemain pengganti untuk musim ini, mengingat situasi sedang pandemi Covid-19. Namun, opsi itu ditolak, ketika 20 klub Liga Inggris membahas masalah pergantian 5 pemain tersebut pada Agustus 2020.

“Saya dapat melihat beberapa poin mengapa klub memilih menentang (kebijakan pergantian pemain sebanyak 5 kali). Tetapi jika Anda mundur selangkah dan memikirkan tentang para pemain profesional ini, serta kesehatan mental dan fisik mereka, saya pikir satu-satunya solusi yang masuk akal adalah memberi kami kesempatan, untuk mengistirahatkan pemain lebih banyak," kata Ole.

Ole menuturkan, bukan hanya dirinya yang mengeluh atas kebijakan tersebut, sejumlah manajer tim besar lain pun sama,

“Kami telah melihat banyak cedera di Liga Inggris, saya tahu Pep Guardiola telah membicarakannya, dan manajer lainnya. Kami sebagai manajer, sebagai klub, sebagai staf medis, harus menjaga mereka (pemain). Itulah mengapa kami harus mengistirahatkan pemain pada waktu-waktu tertentu. Jadi, ya, saya ingin memiliki 5 pergantian pemain,” katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers