web analytics
  

Cara Kontrol Tekanan Darah Tinggi dengan Air Rebusan Jahe

Sabtu, 31 Oktober 2020 07:32 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Cara Kontrol Tekanan Darah Tinggi dengan Air Rebusan Jahe, air jahe,manfaat air jahe,Kesehatan,Darah Tinggi

Jahe diyakini memiliki sejumlah manfaat terhadap kesehatan, di antaranya meredakan pusing, mengurangi nyeri haid, dan mengontrol tekanan darah. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Jahe diyakini memiliki sejumlah manfaat terhadap kesehatan, di antaranya meredakan pusing, mengurangi nyeri haid, dan mengontrol tekanan darah.

Jahe merupakan salah satu rempah yang paling populer di dunia. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Menurut Ayuverda dan Homeopati dilansir Times of India, jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama jika membuat air rebusan jahe.

Cara membuat air rebusan jahe

Air rebusan jahe merupakan cara terbaik untuk mnedapatkan manfaat kesehatannya. Caranya, Anda cukup merebus irisan jahe selama 15 menit lalu tambahkan perasan lemon setelah dingin.

Durasi minum air rebusan jahe

Minumlah segelas air rebusan jahe dan perasan lemon ini setiap pagi dan malam sebelum makan. Berikut ini manfaat kesehatan setelah rutin minum air jahe.

Manfaat air rebusan jahe bagi kesehatan

1. Mengatur tekanan darah

Jahe adalah pengencer darah yang kuat. Minum air jahe adalah cara yang bagus untuk mengatur tingkat tekanan darah. Air jahe bisa digunakan sebagai stimulan ringan untuk membantu mengurangi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Penderita penyakit jantung disarankan mengonsumsi jahe. Sebuah penelitian tahun 2004 menemukan bahwa jahe bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida total. Hal tersebut karena tingkat LDL yang tinggi atau kolesterol jahat berkaitan dengan peningkatakan risiko penyakit jantung. Karenanya, air jahe bisa membantu Anda mengendalikan kolesterol yang akhirnya bisa menurunkan risiko sakit jantung.

3. Mengatasi infeksi

Air jahe mengandung zat bioaktif yang disebut gingerol. Zat dalam jahe ini bisa membantu menurunkan risiko infeksi.

4. Antioksidan

Jahe memiliki sifat antioksidan yang kuat. Karena itu, minum air jahe dapat membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegahnya merusak jaringan serta organ tubuh.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Jahe telah terbukti bisa meningkatkan sirkulasi darah. Jahe adalah sumber seng dan magnesium yang baik dan penting untuk sirkulasi darah.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers