web analytics
  

Kontur Tanah Labir dan Berbukit, Warga Salawu Waswas Bencana

Sabtu, 31 Oktober 2020 13:20 WIB Irpan Wahab Muslim
Umum - Regional, Kontur Tanah Labir dan Berbukit, Warga Salawu Waswas Bencana, Salawu,Rawan Bencana,Longsor Salawu

Wilayah Perbukitan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, yang rawan terjadi longsor. (Ayotasik.com/Irpan Wahab)

SALAWU, AYOBANDUNG.COM -- Musim hujan yang mengguyur wilayah Tasikmalaya baik intensitas sedang hingga tinggi membuat warga Salawu khawatir. Di Kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Garut ini, pernah terjadi longsor besar yang merenggut korban jiwa.

Fahmi (35), warga Desa Salawu, Kecamatan Salawu, menuturkan, setiap musim hujan, masyarakat khawatir terjadi longsor. Apalagi masyarakat yang tinggal di lereng gunung atau tebing.

"Kahwatir pak. Apalagi konturnya banyak bukit jadi khawatir longsor," ujar Fahmi, Sabtu (31/10/2020).

Fahmi menuturkan, di Kecamatan Salawu pernah terjadi beberapa kali kejadian baik longsor maupun pergerakan tanah. Kejadian itu terjadi pada medio 2014-2016. Bahkan di Kecamatan Salawu pernah terjadi pergerakan tanah yang membuat permukiman direlokasi.

"Sekampung direlokasi. Nah, wajar kalau musim hujan warga di sini kahwatir. Khawatir terjadi longsor di wilayah kita dan mengancam jiwa," ucap Fahmi.

Sementara itu, Kapolsek Salawu AKP Dedi Hidayat mengakui, wilayah Salawu merupakan daerah yang rawan terjadi bencana. Kontur tanah di Salawu labil dan berbukit-bukit.

"Kita siaga kalau musim hujan seperti ini. Khawatir adanya longsor. Tapi kami sudah mengimbau kepada warga untuk waspada," kata Dedi.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers