web analytics
  

Rutan Kelas I Bandung Perketat Barang yang Masuk termasuk Makanan

Sabtu, 31 Oktober 2020 11:54 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Soreang, Rutan Kelas I Bandung Perketat Barang yang Masuk termasuk Makanan, Rutan Kelas I Bandung,narkoba,peredaran narkoba bandung

Pihak Rutan Kelas I Bandung akan memperketat pengawasan terhadap barang-barang yang akan masuk rutan, termasuk makanan, sebagai upaya pencegahan peredaran narkotika. (Istimewa)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM --‎ Kepala Rutan Kelas I Bandung Riko Stiven mengatakan, pihaknya akan memperketat pengawasan terhadap barang-barang yang akan masuk rutan, termasuk makanan, sebagai upaya pencegahan peredaran narkotika.

"Di masa pandemi ini, kami perketat pengawasan untuk barang yang masuk dari luar untuk mencegah peredaran narkoba," ujarnya, Sabtu (31/10/2020).

Salah satu cara memperketat pengawasan, kata Riko, dengan tetap melaksanakan prosedur pengawasan barang dari keluarga atau kerabat ke dalam rutan.

"Ada pemeriksaan barang oleh petugas lewat X Ray di gerbang masuk, lalu juga disertai penggeledahan barang‎ dan ada cara-cara khusus lainnya," tutur Riko.

Pengawasan tidak hanya dilakukan terhadap tahanan dan warga binaan yang berada di rutan, pengawasan juga dilakukan terhadap petugas.

"Ini semata-mata demi pemberantasan narkoba sehingga kejadian soal narkoba di lapas rutan, tidak terjadi di Rutan Kelas I Bandung. Selaku kepala, pasti kalau ada petugas yang salah, akan kami tegur dan diberi sanksi sesuai aturan," katanya.

Selama pandemi, warga binaan di rutan dan lapas tidak ‎menerima kunjungan. Upaya tersebut dilakukan guna memperketat pengawasan dan mencegah penyebaran Covid-19.

"Untuk memenuhi hak warga binaan untuk dikunjungi, kami siapkan video call gratis difasilitasi oleh rutan. Keluarga bisa mengirim makanan dititipkan petugas namun diperiksa ketat dulu," kata Riko

Petugas juga melakukan razia dan pengecekan terhadap masing-masing kamar warga binaan. "Untuk razia ke kamar itu dilakukan rutin dan berkala serta insidentil. Selama pandemi. Alhamdulillah di Rutan Kelas I Bandung tidak ada barang temuan," ujarnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers