web analytics
  

JADWAL PENCAIRAN BLT TERMIN 2 BISA BERUBAH, 5 Rekening Ini Tak Akan Dapat BLT

Sabtu, 31 Oktober 2020 08:45 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Nasional, JADWAL PENCAIRAN BLT TERMIN 2 BISA BERUBAH, 5 Rekening Ini Tak Akan Dapat BLT, Bantuan Langsung Tunai (BLT),BLT Termin 2

[Ilustrasi] Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan jadwal pencairan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai RP1,2 juta termin 2 untuk pekerja formal bergaji di bawah Rp5 juta per bulan. Namun, 5 rekening dipastikan tidak menerima BLT. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan jadwal pencairan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai RP1,2 juta termin 2 untuk pekerja formal bergaji di bawah Rp5 juta per bulan.

“Kami targetkan termin 2 mulai disalurkan pada akhir Oktober 2020 atau paling lambat akan dimulai awal November 2020 nanti,” ungkap Ida dalam keterangan resmi, Rabu (14/10/2020). Artinya, jika tidak cair akhir bulan ini, jadwal BLT akan berubah, dan akan cair awal bulan November.

Ida menjelaskan, masing-masing penerima BLT atau BSU akan mendapatkan dana sebesar Rp2,4 juta. Namun, penyalurannya dilakukan dalam dua termin. Untuk termin 1, dana yang akan dikucurkan sebesar Rp1,2 juta. Begitu juga dengan termin 2, yakni RP1,2 juta.

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp37,7 triliun dalam menyalurkan BLT kepada pekerja bergaji di bawah Rp5 juta. Targetnya, dana itu disalurkan untuk 15,7 juta pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJamsostek per 30 Juni 2020.

Namun, Ida berniat akan menyerahkan sisa anggaran BLT atau BSU pekerja formal bergaji di bawah Rp5 juta kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Sisa anggaran akan diserahkan kembali ke Bendahara Negara. Rencananya, akan disalurkan untuk subsidi gaji/upah bagi guru honorer dan tenaga pendidik , baik di lingkup Kemendikbud maupun Kemenag,” katanya.

Sementara itu, penerima yang pada termin 1 mendapatkan BLT dipastikan akan kembali mendapatkan uang Rp1,2 juta lagi pada termin kedua.

Namun, berdasarkan unggahan akun Instagram @kemnaker, terdapat 5 rekening yang tidak akan mendapatkan BLT. Lima rekeing ini juga menjadi kendala yang menyebabkan BSU atau BLT Rp1,2 juta tak bisa segera dicairkan ke rekening ATM kalian.

“Cek Rekeningmu Yuk Rekanaker! Karena masih ditemukan berbagai kendala dalam penyaluran Bantuan Subsidi Gaji/Upah”

1. Rekening tidak sesuai nomor induk kependudukan (NIK)

2. Rekening yang sudah tidak aktif

3. Rekening Pasif

4. Rekening yang tidak terdaftar

5. Rekening telah dibekukan oleh bank

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers