web analytics
  

Resmikan Rumah Baru, Emil Minta HMI Bandung Ikut Bangun Jabar

Jumat, 30 Oktober 2020 17:00 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Bandung Raya - Bandung, Resmikan Rumah Baru, Emil Minta HMI Bandung Ikut Bangun Jabar, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI),Graha HMI Bandung,HMI Bandung,Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Peresmian Graha HMI Bandung. (Dok. Humas Jabar)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan rumah baru Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandung di Jalan Sabang, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jumat (30/10/2020).

Sekretariat atau disebut Graha HMI Cabang Bandung itu direnovasi total setelah ada sejak 1956. Graha HMI Bandung memiliki empat lantai. Masing-masingnya berfungsi sebagai masjid, kantor pengurus, ruang kreatifitas kader, dan kelas sebagai sarana perkaderan.

Emil, sapaan Ridwan Kamil, berharap dengan peresmian ini, HMI dapat berkontribusi kepada masyarakat dan ikut membangun Jabar. 

“Dengan gedung baru yang dapat memenuhi standar milenial, ditambah ada coworking, ada digital space, diharapkan output-nya itu berupa peran-peran dan sumbangsih nyata untuk masyarakat,” kata Emil, tertulis dalam keterangan resmi.

Kang Emil mengatakan, organisasi kemahasiswaan, seperti HMI, kerap melahirkan orang-orang hebat. Selain itu, kata Emil, mahasiswa merupakan tulang punggung negara di masa depan. 

“Mahasiswa adalah calon pemimpin di masa depan, mereka yang sudah mahasiswa kemudian berorganisasi punya nilai-nilai ilmu kepemimpinan, baik dari organisasi maupun interaksi dengan masyarakat,” ucapnya. 

Menurutnya, kebersamaan dan soliditas menjadi faktor utama keberhasilan organisasi kemahasiswaan. Dia pun mencontohkan bagaimana Graha HMI Bandung dibangun dari dana urunan. 

“Tidak ada alasan fasilitas tidak memadai karena fasilitas yang sudah sangat luar biasa. Yang paling penting adalah nilai-nilai keislamannya. Jadi ukhuwah islamiyah berupa urunan dari ratusan orang yang menyumbangkan tenaga, pikiran, dan dana untuk membangun graha dan masjid ini,” katanya.

“Ini menandakan dalam kebersamaan lahirlah kejayaan. Dalam kesatuan lahirlah keberhasilan,” imbuhnya.

Dalam peresmian tersebut, datang sejumlah tokoh HMI, seperti Akbar Tanjung, Umi Cia Malik Zein, Miftah Faridl, dan Ferry Mursysidan Baldan. Sejumlah kader dan alumni HMI pun turut meramaikan peresmian.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers