web analytics
  

Kaya Manfaat, Daun Kelor Bisa Turunkan Gula Darah

Jumat, 30 Oktober 2020 08:42 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Kaya Manfaat, Daun Kelor Bisa Turunkan Gula Darah, Daun Kelor,gula darah,Darah Tinggi

Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan kadar gula darah. (flickr)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan kadar gula darah.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania MSi menjelaskan, masyarakat Indonesia sudah akrab dengan daun kelor yang memiliki nama ilmiah moringa oleifera. 

Masyarakat di banyak daerah di Indonesia, menurut Inggrid, sudah biasa mengonsumsi daun kelor sebagai sayur dalam menu sehari-hari. Daun kelor dikenal pula sebagai superfood karena merupakan sumber nutrisi yang cukup seimbang.

Daun kelor mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, posfor, kalium, dan zinc. Selain itu, daun kelor mengandung protein, juga berbagai vitamin (vitamin A, B, C, D, E, dan K).

Daun kelor juga memiliki asam folat dan biotin. Bahkan, di Afrika, daun kelor biasa untuk mengatasi gizi kurang pada anak-anak.

“Sebenarnya dalam berbagai penelitian sudah terbukti bahwa daun kelor juga bersifat imunostimulasi dan tentunya untuk pemakaian jangka panjang,” ujarnya, dikutip dari Republika.co.id, Jumat (30/10/2020).

Daun kelor memiliki metabolik sekunder dengan senyawa bioaktifnya, seperti tanin, perfenoid, alkaloid, dan lainnya. Karena adanya metabolik sekunder yang berupa senyawa aktif ini, ada kegunaan yang sifatnya pengobatan juga, sehingga sejak zaman dulu dipakai untuk mengobati asma, gula darah, hingga menurunkan kolesterol.

Daun kelor memiliki banyak senyawa aktif. Tak heran bila manfaat kesehatannya juga banyak, terutama yang bisa meningkatkan imunitas adalah plafonoid seperti gorecepin. Karena sebagai sumber nutrisi yang baik dan seimbang, adanya mineral dan vitamin itu juga akan meningkatkan imunitas dari tubuh manusia.

“Jadi antara kandungan nutrisi dengan kandungan senyawa aktifnya saling bekerja sama,” kata Inggrid.

Hasil penelitian ekstrak kelor sebagai imunomodulator memiliki aktivitas imunostimulasi. Penelitian dilakukan pada hewan yang dikondisikan dalam keadaan infeksi dan mengalami defisiensi sistem imun.

“Pada percobaan ini, pemberian ekstrak kelor bisa memiliki aktivitas meningkatkan imunitas atau imunostimulasi,” ungkap Inggrid

Daun kelor memiliki sifat anti peradangan. Jika tubuh terserang penyakit atau ada patogen yang masuk dan timbul peradangan, daun kelor bisa meredakan peradangan.

“Dengan begitu kerusakan jaringan bisa dicegah,” ujar Inggrid.

Daun kelor menurunkan kadar gula darah

Kadar gula yang tinggi dalam darah merupakan pintu gerbang dari berbagai penyakit berbahaya yaitu diabetes hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, pencegahan merupakan kuncinya.

Daun kelor dapat menjadi alternatif untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap seimbang. Isothiocyanates dalam daun kelor merupakan zat yang berperan dalam menjaga kadar gula dalam darah. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa daun kelor dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi tujuh gram daun kelor dapat menurunkan kadar gula dalam darah hingga 13,5 persen pada 30 wanita.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers