web analytics
  

Positif Covid-19 OTG di Cianjur Tembus 248 Orang, 137 Sembuh

Jumat, 30 Oktober 2020 19:16 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Positif Covid-19 OTG di Cianjur Tembus 248 Orang, 137 Sembuh, Update Covid-19 Cianjur,OTG Cianjur

Penanganan pasien covid-19. (Kavin Faza)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala di Kabupaten Cianjur setiap harinya mengalami kenaikan, tapi berbandinh lurua dengan kesembuhan mencapai 100 persen.

Berdasarkan data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, hingga Jumat (30/10/2020) jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 248 orang. 

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, kenaikan terkonfirmasi positif ini denhan tanpa gejala, mereka semuanya di isolasi di Villa Bumi Ciheranh Desa Cipendawa Kecamatan Pacet.

“Kami sampaikan, dari total 248 yang diisolasi di Villa Bumi Ciherang,  yang sudah menyelesaikan isolasi atau sembuh sebanyak 137 orang, masih dalam proses isolasi sebanyak 96 orang, meninggal dunia 4 orang, dan lainnya yang beralamat di luar Kabupaten Cianjur sebanyak 11 orang,” ujar Yusman Faisal pada Ayobandung.com, Jumat (30/10/2020).

Yusman mengungkapkan, kasus suspek terdapat 1.438 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 1.360 orang dinyatakan discarded, 46 orang masih proses, 24 orang meninggal dunia, dan 8 orang lain beralamat di luar Kabupaten Cianjur.

Sementara untuk probable terdata sebanyak 3 kasus. Dari jumlah itu, 1 orang dinyatakan sembuh, 1 orang masih menjalani proses isolasi, dan 1 orang meninggal dunia. Sedangkan kontak erat tercatat sebanyak 464 kasus. Sebanyak 246 pasien dinyatakan discarded, 202 pasien masih dalam proses, dan 16 pasien beralamat di luar Kabupaten Cianjur. 

“Berdasarkan data yang ada pada kami, kalau tanpa gejala itu tingkat kesembuhannya 100%. Kalau pasien dengan gejala, itu ada sekitar 5% yang masuk ICU rumah sakit di Cianjur," ucapnya.

Yusman menjelaskan,  laju pergerakan penambahan konfirmasi positif covid-19 mulai terpantau meningkat akhir September. Yusman mengklaim, penanganan kasus di Kabupaten Cianjur sudah cukup baik.

"Tidak terlalu banyak yang meninggal, terutama terkonfirmasi positif.  Kalau untuk kasus terjadi penaikan, sama dengan daerah lain," tuturnya.

Yusman terus mengingatkan masyarakat agar patuh terhadap aturan penerapan protokol kesehatan dengan membiasakan memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, serta menjaga jarak. Apalagi, mayoritas dari pasien terkonfirmasi positif covid-19 merupakan tanpa gejala.

"Penerapan 3M terbukti cukup efektif mencegah penyebaran covid-19. Harus menjadi kebiasaan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers