web analytics
  

1.800-an Wisatawan Kunjungi Objek Wisata Kabupaten Bandung

Jumat, 30 Oktober 2020 16:16 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, 1.800-an Wisatawan Kunjungi Objek Wisata Kabupaten Bandung, Wisata Bandung Selatan,Wisata alam,Kawah putih

Wisatawan mengunjungi destinasi wisata Kawah Putih, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jumat (30/10/2020). Pengelola destinasi wisata Kawah Putih menyebutkan, pengunjung pada libur panjang kali ini meningkat sebesar 80% atau sekitar 3.500 pengunjung dibanding pekan lalu. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Periwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung memastikan protokol kesehatan diterapkan di semua objek wisata, sehingga risiko adanya klaster baru Covid-19 bisa diminimalisasi.

Kepala Bidang Data dan Informasi Disparbud Kabupaten Bandung, Yoharman, mengatakan pihaknya telah membentuk tim monitoring yang bertugas melakukan pengecekan penerapan protokol kesehatan di seluruh objek wisata di Kabupaten Bandung.

"Tim sudah turun sejak Rabu (28/10/2020) untuk mengontrol penerapan protokol kesehatan di objek wisata, sekaligus melakukan pendataan," tutur Yoharman, Jumat (30/10/2020).

Beradasrkan hasil monitoring, jumlah wisatawan yang mengunjungi objek wisata di Kabupaten Bandung masih dalam batas aman sesuai dengan protokol kesehatan.

"Masih aman, okupansinya 50%-60%, dalam satu tempat wisata memang hanya diperbolehkan melayani 50% dari kapasitas dalam satu waktu. Jika dirata-ratakan sehari ada 1.800 kunjungan ke tempat wisata di kabupaten bandung. Sebagian besar wisatawan masih berasal dari jawa barat," ujarnya.

Selain itu, tim monitoring  juga diharuskan melakukan kampanye penerapan 3M kepada pengunjung. Dengan cara seperti itu, diharapkan masyarakat makin patuh terhadap protokol kesehatan, baik mencuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak.

Pada hari pertama long week end, Pemkab Bandung juga melakukan rapid tes massal secara acak kepada calon wisatawan.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers