web analytics
  

Cara Hadapi Anak Tantrum

Jumat, 30 Oktober 2020 11:00 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Cara Hadapi Anak Tantrum, Tantrum,anak Tantrum,hadapi anak tantrum,cara menenangkan anak tantrum

Ilustrasi orang tua menghadapi anak tantrum. (Shutterstock)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Anak-anak sering kali belum bisa menyatakan emosi yang dirasakannya kepada orang lain. Sehingga saat anak merasakan sesuatu, mereka cenderung mengekspresikannya lewat perilaku.

Salah satunya saat anak tantrum atau rewel, biasanya akan menangis karena tidak bisa menjelaskan apa yang dirasakannya.

Dokter spesialis kejiwaan dr. Aimee Nugroho mengatakan, saat itulah peran orang tua untuk membantu anak menyampaikan perasaannya.

Ia menyarankan, anak yang sedang tantrum sebaiknya tetap diperlakukan dengan lembut. Bahkan lebih baik memeluk anak saat masih menangis.

"Kalau anak lagi marah coba peluk dia, yang erat. Tapi kata-kata kita harus lembut, pakai kata-kata positif," kata Aimee dalam siaran langsung Instagram, Selasa (27/10/2020).

Ia membagikan rumus APM untuk menenangkan anak tantrum. Yakni, akui perasaan anak, penyebabnya apa, dan mau anak seperti apa.

Ketiga rumusan itu bisa ditanyakan kepada anak secara perlahan. Sekaligus membantu anak untuk mengungkapkan perasannya.

"Bantu dia untuk menjelaskan marahnya. Pertama, akui perasaan anak. Tanya anak kenapa, apa yang dirasakan. Jika diam, langsung tanya, 'kamu marah?' 'Kamu sedih?' Jika ia menjawab iya, berarti kita sudah bisa membantu anak mengakui peraannya," tuturnya.

Demikian pula pada pertanyaan kedua mengenai penyebab anak menangis. Pertanyaan pancingan masih bisa dilakukan jika anak tidak bisa jelaskan perasannya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers