web analytics
  

Objek Wisata Kawah Putih dan Ranca Upas Diserbu Wisatawan

Jumat, 30 Oktober 2020 08:29 WIB
Bandung Raya - Soreang, Objek Wisata Kawah Putih dan Ranca Upas Diserbu Wisatawan, Kawah Putih,Ranca Upas,Wisata Bandung

[Ilustrasi] Objek wisata di kawasan Ciwidey, yakni Kawah Putih dan Ranca Upas, diserbu wisatawan saat libur panjang akhir Oktober 2020. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Objek wisata di kawasan Ciwidey, yakni Kawah Putih dan Ranca Upas, diserbu wisatawan saat libur panjang akhir Oktober 2020.

Cluster Manager Ciwidey untuk Kawah Putih dan Ranca Upas Trisna Mulyana mengakui, peningkatan sudah ada sejak hari pertama libur pada Rabu (28/10/2020). Namun, peningkatan itu tidak sejalan dengan protokol kesehatan.

"Masih landai protokol kesehatan. Meski sebenarnya sudah ada peningkatan jumlah kunjungan yang signifikan di libur panjang ini," kata Trisna, Kamis (29/10/2020).

Trisna menyebut, Pemkab Bandung melalui Dinas Pariwisata dan Budaya serta Satgas sudah mengimbau untuk meningkatkan protokol kesehatan di tempat wisata. Pembatasan pun dilakukan di kawasan Kawah Putih dan Ranca Upas.

"Kesehatan kan sudah jadi yang utama dan motivasi kunjungan juga berkurang karena dampak ekonomi. Jadi masyarakat ini akan lebih efisien dalam mengelola uang," kata Trisna.

Di sisi lain, Trisna tidak memungkiri, segmentasi wilayah di dua destinasi wisata ini berasal dari Jabodetabek. Karena itu, meski sudah memasuki musim hujan, yang mempengaruhi jumlah kedatangan justru bergantung pada situasi di ibu kota.

"Kalau cuaca untuk wisatawan Bandung Raya tidak masalah, tapi di Jabodetabek iya. Karena kita mengakui pasar kita ini 80 persen dari Jabodetabek," katanya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers