web analytics
  

Kurangi Pembengkakan, Ibu Hamil Harus Minum Air Putih 10 Gelas Sehari?

Jumat, 30 Oktober 2020 07:27 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Kurangi Pembengkakan, Ibu Hamil Harus Minum Air Putih 10 Gelas Sehari?, ibu hamil,Kaki Ibu Hamil Bengkak,Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Asupan air membantu membentuk cairan ketuban, menghasilkan ekstra darah, membawa nutrisi, meningkatkan pencernaan, membuang racun, membangun jaringan baru, dan mengurangi pembekakan selama hamil. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Air putih adalah sumber mineral yang bagus bagi ibu hamil karena dapat menjaga perkembangan janin, serta kesehatan sang ibu.

Selain itu, asupan air juga membantu membentuk cairan ketuban, menghasilkan ekstra darah, membawa nutrisi, meningkatkan pencernaan, membuang racun, membangun jaringan baru, dan mengurangi pembekakan selama hamil.

"Oleh karena itu, penting untuk wanita hamil minum setidaknya 10 gelas air putih setiap hari," kata Hemangi Negi, Konsultan Senior Obgyn, Max Multi Speciality Center, Noida.

Dilansir The Health Site, berikut fungsi asupan air putih bagi ibu hamil.

1. Suplai darah

Negi menjelaskan bahwa hidrasi tubuh yang cukup selama kehamilan penting dilakukan agar semua organ mendapat suplai darah yang baik.

Efek lainnya dari ini adalah kulit sang ibu yang lebih bersinar.

2. Mengangkut nutrisi ke bayi

"Air berperan sebagai media untuk mengangkut vitamin , mineral, dan nutrisi penting lainnya kepada bayi melalui sel darah ibu agar bayi di dalam rahim tumbuh sehat," kata dia.

Cairan yang mengelilingi bayi, disebut cairan ketuban, terbuat dari air dari tubuh sang ibu. Asupan air putih yang cukup selama kehamilan akan memungkinkan volume cairan menjadi normal.

3. Menghindari infeksi

Asupan air putih yang cukup selama kehamilan mengurangi kemungkinan berkembangnya infeksi seperti Infeksi Saluran Kemih (ISK).

“Air membuang kotoran di sepanjang saluran kemih dan dengan demikian mengurangi kemungkinan ISK dan batu ginjal,” kata dia.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan seperti keasaman, sembelit cukup umum terjadi selama kehamilan. Namun, masalah tersebut bisa dihindari dengan asupan air yang tepat.

Selain itu, air memberi efek pendinginan, yang dapat bermanfaat bagi ibu hamil dan bayinya.

5. Mengurangi pembengkakan

Wanita hamil rentan mengalami edema atau pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan tangan.

Negi merekomendasikan minum 10 gelas air putih setiap hari untuk mengurangi pembengkakan. Bahkan dalam beberapa kasus, hal ini mungkin membuat pembengkakan hilang.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers