web analytics
  

Ada Semburan Lumpur Campur Gas di Indramayu, Warga Diminta Menjauh

Jumat, 30 Oktober 2020 06:47 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Ada Semburan Lumpur Campur Gas di Indramayu, Warga Diminta Menjauh, lumpur campur gas,Indramayu,Berita Indramayu

Semburan lumpur bercampur gas di Desa Sukaperna, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM -- Masyarakat di sekitar semburan lumpur disertai gas di Desa Sukaperna, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, diminta menjauhi area demi keselamatan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengaku, sampai kini belum diketahui sebab kemunculan semburan lumpur tersebut. Selain menjauhi area sekitar, warga diminta pula tak memantik api atau bahan apapun yang mudah terbakar.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu, Dodi Dwi Endrayadi menyebutkan kondisi alam sebagai salah satu kemungkinan penyebab munculnya semburan lumpur bercampur gas tersebut.

"Belakangan sering gempa, bisa jadi itu sebabnya," ujarnya.

Kejadian itu sendiri diketahui bukan yang pertama terjadi di Tukdana. Pihak Pertamina sebelumnya telah menyebut kejadian serupa pada 2015 dan 2017.

Selain faktor alam, pihaknya pula membuka kemungkinan adanya pipa milik PT Pertamina yang bocor. Pemda setempat pun kini tengah mengupayakan langkah untuk mengatasinya.

"Kami tidak punya alat untuk mendeteksi, jadi pihak Pertamina yang akan mengatasinya. Kami sudah minta itu," tuturnya.

Menurutnya, diperlukan penelitian untuk menentukan penyebab pasti kejadian tersebut. Lebih jauh, pihaknya mengimbau masyarakat tak panik dan menjauhi lokasi.

Masyarakat diingatkan pula tak memantik api atau apapun yang mudah terbakar di dekat lokasi demi mencegah hal tak diinginkan. Pihaknya terutama mencemaskan kemungkinan gas beracun yang menguar di area sekitar.

"Khawatir ada gas beracun atau terjadi kebakaran karena kan ada gasnya," katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers