web analytics
  

Manfaat Lain Micellar Water, Bisa Atasi Jerawat Membandel?

Jumat, 30 Oktober 2020 05:53 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Manfaat Lain Micellar Water, Bisa Atasi Jerawat Membandel?, cara mengatasi jerawat,Obat jerawat,Micellar water,Manfaat Micellar Water

Selain membersihkan, micellar water memiliki manfaat lain bagi kecantikan, di antaranya mengatasi jerawat dan melembapkan serta menghilangkan riasan secara mudah. (Pixabay/chezbeate)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Selain membersihkan, micellar water memiliki manfaat lain bagi kecantikan, di antaranya mengatasi jerawat dan melembapkan serta menghilangkan riasan secara mudah.

Namun, micellar water mungkin tidak begitu efektif pada wajah berminyak atau berjerawat parah. Kecuali produk tersebut khusus untuk karakteristik wajah demikian.

Menurut Insider, micellar water terdiri atas air yang dimurnikan dan mengalami demineralisasi, bersama dengan micell, bola minyak kecil yang akan tetap tersuspensi di dalam air.

"Micell bertindak seperti magnet kecil untuk menarik kotoran di permukaan kulit, seperti kotoran, minyak, dan riasan," kata Julie E. Russak, MD, dokter kulit bersetifikat.

Micellar water sangat efektif dalam menghilangkan kotoran di permukaan tanpa menghilangkan minyak dari kulit Anda.

Berikut beberapa manfaat micellar water pada kulit:

1. Membersihkan kulit

Micellar water membersihkan kotoran dan minyak tanpa merusak pelindungnya. Ini penting karena minyak di pelindung kulit sebenarnya membantu mencegah mikroba, seperti bakteri, yang dapat menyebabkan infeksi dan iritasi.

2. Meningkatkan hidrasi dan kelembapan

"Micellar water tidak selalu melembabkan kulit. Tapi ia mampu membersihkan kulit tanpa menghilangkan kelembapan alaminya seperti yang bisa dilakukan pembersih lain," kata Russak.

3. Membantu mengobati jerawat

Tidak ada penelitian tentang micellar water sebagai pengobatan untuk jerawat, tetapi Russak mengatakan sifat pembersihannya dapat membantu pengobatan.

Jerawat terjadi ketika pori-pori tersumbat minyak atau bakteri, yang kemudian memicu peradangan, menyebabkan kemerahan dan pembengkakan.

Karena micellar water secara alami efektif dalam menghilangkan minyak dan kotoran, ini dapat membantu mengurangi berkembangnya jerawat.

Sifat lembut micellar water juga dapat membantu mencegah jerawat semakin parah.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers