web analytics
  

KNPI: Kota Bandung Kota Layak Pemuda

Kamis, 29 Oktober 2020 21:46 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, KNPI: Kota Bandung Kota Layak Pemuda, KNPI Kota Bandung,Kota Layak Pemuda

Logo KNPI (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tepat 3 tahun berlalu Kota Bandung mendapatkan penghargaan Kota layak pemuda, Penghargaan diserahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi kepada Wali Kota Bandung Oded M. Danial (yang pada saat itu masih menjabat menjadi Wakil Wali Kota Bandung) di Padang, Sumatera Barat, Sabtu 29 Oktober 2017.

Diah Permata saraswati, Sekretaris KNPI Kota Bandung menyebut Kota Bandung hari ini sudah menjadi kota layak pemuda dimana sejumlah indikator yang ditetapkan sudah terwujud antara lain dukungan perda tentang kepemudaan (regulasi), ruang dan tempat berekspresi bagi pemuda yang mampu menopang kegiatan kepemudaan (infrastruktur), keaktifan organisasi kepemudaan dan komunitas pemuda, serta kemandirian pemuda sebagai pelopor bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Kota Bandung menjadi kota pertama yang mempunyai peraturan daerah tentang kepemudaan melalui Perda Nomor 1 Tahun 2016," ujar Diah Permata Saraswati melalui telepon selulernya, Kamis (29/10/2020).

Dia menjelaskan ruang-ruang ekspresi untuk anak muda di Kota Bandung dalam bentuk insfrastrukur sudah tersedia begitu juga anak muda kota Bandung sebagai pelopor dalam bidang ekonomi kreatif dan bidang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Diah menyebutkan KNPI Kota Bandung dibawah kepemimpinan Hendra Guntara sudah melakukan program-program kreatif yang bersifat ide dan gagasan maupun aksi nyata dalam mengaktifasi organisasi kepemudaan yang ada di Kota Bandung. 

Memasuki pandemi covid 19 KNPI Kota Bandung merubah sekala prioritas kegiatan, karena refocusing anggaran KNPI yakni membentuk Satgas Covid-19.

“Ayo kita sama- sama berkolaborasi dan berinovasi di Kota Bandung tercinta ini dalam menghadapi revolusi Industri 4.0, tantangan pembangunan pemuda (youth developement) di Indonesia khususnya di Kota Bandung tidak pernah berada pada kondisi sepenting saat ini, yaitu menghadapi bonus demografi. Di bawah kepemimpinan Jokowi dengan cepat merespons mengeluarkan Perpres 66 Tahun 2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan menjadi kabar gembira bagi stakeholder kepemudaan,” ungkap Diah.

Kota Bandung memang kota kreatif, sebut saja Rumah Saraswati sebagai komunitas anak muda Bandung melalui kemandirian komunitas dan kolaborasi antar komunitas berhasil mengikuti Kejuaran Satuc Word Cup, kejuaraan dunia sepak bola yang menyatukan anak-anak yatim piatu, pengungsi dan anak-anak yang kurang beruntung dari seluruh penjuru dunia di Sofia, Bulgaria.

Prestasi lainnya seperti mewakili Bandung di ajang festival film dokumenter tingkat Nasional dan kini Rumah Saraswati dijadikan tempat pra sarat bagi para pegawai setingkat manager untuk kenaikan jabatan di salah satu BUMN.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers