web analytics
  

PERSIB HARI INI: Dramatis, Gol Kim Jeffrey Gagalkan Pesta PSM di Kandang

Kamis, 29 Oktober 2020 11:59 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, PERSIB HARI INI: Dramatis, Gol Kim Jeffrey Gagalkan Pesta PSM di Kandang, Kim Jeffrey Kurniawan,Gelandang Persib,Sejarah Persib,Persib vs PSM

Kim Jeffrey Kurniawan. (Ayobandung.com/Anggun Nindita)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dalam pertandingan lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, Kim Jeffrey Kurniawan berhasil menyelamatkan muka Persib dari kekalahan di kandang PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Makassar, 29 Oktober 2016.

Berkat gol pemain naturalisasi kelahiran Jerman itu, Maung Bandung berhasil memaksakan hasil imbang 2-2 usai dua kali tertinggal dari PSM.

Selain munculnya gol pembuyar kemenangan PSM, pertandingan memang berlangsung dramatis.

Persib kala itu tak diperkuat Rudolof Yanta Basna dan Zulham Zamrun yang dipanggil Tim Nasional. Persib tertinggal 0-1 oleh gol Titus Bonai pada menit 9. Namun, Persib cepat bereaksi dan mencetak gol penyeimbang lewat Febri Hariyadi (19).

Pada menit 66, PSM kembali unggul melalui tandukan Ronald Hikspoors. Namun, gol itu memunculkan kontroversi. Sebelum gol terjadi, pemain PSM, Syamsul Bachri Haeruddin, dianggap melakukan pelanggaran dengan menghambat laju penjaga gawang persib M Natshir yang hendak memetik bola di udara. 

Karena hal itu, Persib melakukan protes dan laga pun sempat terhenti beberapa saat. Namun, wasit tetap dengan keputusannya, laga kembali dilanjutkan.

Selain itu, PSM harus bermain 10 orang setelah Zulvin Zamrun mendapatkan kartu merah akibat melanggar Febri. Hingga, kemenangan PSM yang sudah di depan mata sirna oleh gol Kim pada menit 93.

Tambahan satu angka perdana dari laga tandang itu menggerek posisi Persib ke peringkat 8 dengan nilai 37 dari 25 pertandingan di Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Sementara itu, PSM berada di posisi 10 dengan nilai 36.

Dalam pertandingan ini, pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman memainkan:
M. Natshir Fadhil Mahbuby; Vladimir Vujovic, Diogo Ferreira, Tony Sucipto, Jajang Sukmara; Kim Jeffrey Kurniawan, Hariono; Samsul Arif Munip, Febri Hariyadi, Marcos Abel Flores Benard; Sergio van Dijk.

Sementara itu, pelatih PSM Robert Albert memainkan:
Syaiful Syamsuddin; Wasyiat Hasbullah, Syamsul Bachri Haeruddin, Ardan Aras, Kwon Jun; Rasyid Assahid Bakri, Ronald Hikspoors, Willem Jan Pluim, Zulvin Malik Zamrun; M. Rahmat, Titus Bonai.Berikut adalah rapor pemain Persib vs PSM:

Rivalitas Kedua Kesebelasan Sejak Era Perserikatan

Duel Persib vs PSM merupakan wajah rivalitas sesungguhnya--jika berkaca pada panasnya pertarungan kedua tim di era perserikatan.

Dari beberapa kali pertemuan di era kompetisi Divisi Utama Perserikatan, pertarungan di Kompetisi Perserikatan tahun 1990, 1992, dan 1994 yang paling menarik. Selain menyajikan tontonan adu skill, tak jarang adu fisik pun terjadi.

Misalnya, dalam semifinal perserikatan tahun 1990, ketika kedua kesebelasan terlibat aksi baku hantam di lapangan. Persib yang akhirnya berhasil mengatasi permainan keras menjurus kasar PSM pada saat itu menang dengan skor telak 3-0.

Pertandingan dua alumnus kompetisi perserikatan itu juga selalu menarik. Bukan karena kedua kesebelasan mengincar tiga poin tetapi gengsi antar juara perserikatan menjadikan bumbu dalam setiap pertandingan.

Di sisi lain, dalam rekor pertemuan Persib sedikit lebih unggul atas PSM. Dalam 10 pertemuan terakhir, Persib berhasil memenangkan lima laga namun kelima kemenangannya itu diraih ketika mereka bermain di kandang. Lima pertandingan sisa lain berakhir dengan imbang tiga kali dan dua kali atas kemenangan PSM.

Dua kemenangan PSM pun mereka raih ketika bermain di kandang. Dengan begitu, kedua kesebelasan bisa disebut jago kandang jika saling berhadapan satu sama lain.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers