web analytics
  

Unpad Masuk Pemeringkatan THE World University Rankings by Subject 2021

Kamis, 29 Oktober 2020 17:33 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Pendidikan, Unpad Masuk Pemeringkatan THE World University Rankings by Subject 2021, THE World University Rankings by Subject 2021,Unpad THE World University Rankings by Subject 2021,prestasi Unpad,Universitas Padjajaran (Unpad)

Universitas Padjajaran. (dok. Unpad)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Universitas Padjadjaran masuk ke dalam pemeringkatan Times Higher Education atau THE World University Rankings by Subject 2021 berdasarkan pengumuman yang dirilis pada Rabu (28/10/2020) pukul 09.00 waktu London.

Ini merupakan kali pertama Unpad masuk ke dalam pemeringkatan tersebut.

Pemeringkatan THE World University Rankings by Subject menilai secara spesifik bidang keilmuan yang ada di perguruan tinggi. Ada 11 klasterisasi bidang ilmu yang dilakukan penilaian oleh THE WUR by Subject.

Tahun ini, lima bidang ilmu di Unpad berhasil masuk ke dalam pemeringkatan. Lima bidang ilmu tersebut antara lain Business and Economics (peringkat 601+), Cilnical, Pre-clinical, and Health (peringkat 601+), Engineering and Technology (peringkat 801-1000), Life Sciences (peringkat 801+), serta Social Sciences (peringkat 601+).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mengatakan, pemeringkatan THE World University Rankings by Subject sangat penting untuk menilai apakah suatu perguruan tinggi dapat dikategorikan sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia.

Ia mengatakan, kelima bidang ilmu yang terdapat di Unpad tersebut telah diperhitungkan di tingkat dunia.

“Artinya, kelima bidang ilmu di Unpad setelah dinilai menggunakan indikator pemeringkatan THE WUR by Subject terkategorikan sebagai  bidang ilmu yang mampu menunjukan kinerja akademik relatif baik dan diperhitungkan di antara perguruan tinggi dunia,” ungkap Rina sebagaimana dilansir dari laman Unpad.ac.id, Kamis (29/10/2020).

Ia mengatakan, kriteria peningkatan kinerja dalam bidang ilmu tersebut antara lain perbaikan ekosistem dan kualitas pembelajaran, meningkatnya riset dan publikasi, meningkatnya sitasi, meningkatnya keterlibatan dosen, peneliti dan mahasiswa asing di Unpad. Juga meningkatnya kolaborasi dengan industri.

“Kesamaan gerak dan sinergi kuat antara pengelola di tingkat universitas dan fakultas dalam mendorong internasionalisasi Unpad merupakan faktor penting,” ungkapnya.

Faktor penting lainnya adalah meningkatnya partisipasi guru besar dan dosen dalam menjalin mitra kerja dengan perguruan tinggi dan Lembaga internasional. Sejak pertengahan 2020, peraihan peningkatan reputasi akademik per bidang ilmu di Unpad telah diakselerasi melalui program “Pradja Brata”.

Melalui program ini, Unpad berkomitmen memberikan penghargaan untuk bidang ilmu atau fakultas  yang mampu meningkatkan kinerja akademik dengan indikator pemeringkatan bertandar pemeringkatan perguruan tinggi dunia.

Selain itu, beragam program kerja terkait akselerasi internasionalisasinya Unpad juga menjadi prioritas.

“Kita memiliki ekspektasi bahwa Unpad akan menguat peringkatnya dalam perangkingan WUR apakah QS WUR maupun THE WUR baik untuk universitas maupun bidang ilmu,” ungkap Rina

Kepala Kantor Internasional Unpad Ronny mengatakan, tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak lagi bidang ilmu di Unpad yang akan termatriks di THE World University Rankings by Subject di tahun depan. Diharapkan, 11 bidang ilmu di Unpad akan mendapat pengakuan dunia internasional

“Harapannya, 11 bidang ilmu ini ke depan semuanya akan mendapatkan rekognisi internasional sesuai dengan visi misi Unpad,” kata Ronny.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers