web analytics
  

Kecamatan Bandung Kidul, Wilayah dan Penduduknya Terkini

Kamis, 29 Oktober 2020 13:20 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Kecamatan Bandung Kidul, Wilayah dan Penduduknya Terkini, Bandung Kidul,Kecamatan Bandung Kidul,Informasi Kecamatan Bandung Kidul,Data Kecamatan Bandung Kidul

Wahana permainan keluarga yang jadi salah satu ikon di Kecamatan Bandung Kidul. (https://bandungkota.bps.go.id/)

BANDUNG KIDUL, AYOBANDUNG.COM -- Kecamatan Bandung Kidul, dengan luas wilayah 6,07 kilometer persegi, terdiri dari empat kelurahan, yakni Wates, Mengger, Batununggal, dan Kujangsari. Batununggal, dengan luas 1,83 kilometer persegi menjadi yang terluas dibandingkan tiga kelurahan lainnya.

Merujuk dokumen Kecamatan Bandung Kidul dalam Angka 2020 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Bandung Kidul, yang wilayahnya berada di ketinggian 685-700 meter di atas permukaan air laut, memiliki 34 Rukun Warga dan 195 Rukun Tetangga (RT).

Per 2019 jumlah penduduk Kecamatan Bandung Kidul tercatat sebanyak 59.698 jiwa, terdiri dari 29.840 perempuan dan 29.858 laki-laki. Kujangsari, dengan jumlah penduduk 21.711 jiwa, menjadi kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak.

Kujangsari juga merupakan kelurahan terpadat di Bandung Kidul dengan tingkat kepadatan di angka 16.830,93 jiwa per kilometer persegi. Sebaliknya, Wates menjadi kelurahan yang paling tidak padat dengan tingkat kepadatan jauh di bawah Kujangsari, yakni 5.163,96 jiwa per kilometer persegi.

Berdasarkan pendidikan yang ditamatkan, jumlah terbanyak warga Kecamatan Bandung Kidul ada di kategori lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, sebanyak 12.883 orang. Menyusul berikutnya adalah kategori lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 10.421 orang.

Untuk mata pencaharian, kelompok dengan jumlah terbanyak adalah pegawai swasta, yakni 10.259 orang, disusul pedagang 4.709 orang.

Pendidikan dan Kesehatan

Untuk memberikan layanan kesehatan bagi warganya, di Kecamatan Bandung Kidul terdapat 10 unit Sekolah Dasar (SD) terdiri dari 6 SD Negeri dan 4 SD Swasta. Tidak ada rincian jumlah murid dan guru. Juga tercatat ada 1 unit Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), tercatat ada 3 unit sekolah terdiri dari 1 SMP Negeri dan 2 SMP Swasta.

Sementara itu untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), terdapat 1 unit sekolah swasta di Bandung Kidul. Juga ada 1 unit Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta.

Di jenjang pendidikan tinggi, tercatat ada 4 unit akademi atau perguruan tinggi. Semuanya diketahui dikelola oleh swasta.

Tidak ada rumah sakit di Bandung Kidul. Sarana kesehatan yang tercatat adalah 6 balai pengobatan, 3 puskesmas tanpa rawat-inap, serta 13 apotek.

Pertanian dan Perdagangan

Di Kecamatan Bandung Kidul, terdapat lahan sawah seluas 32,5 hektare. Namun luasnya tidak sebanding dengan luas lahan non sawah yang tercatat 607,655 hektare. Sebagian lahan non sawah tersebut, tepatnya seluas 412,955 hektare, digunakan untuk perumahan dan pekarangannya.

Di bidang perdagangan, di Bandung Wetan terdata 11 kelompok pertokoan, 1 pasar dengan bangunan permanen, 1 pasar dengan bangunan semi permanen, 20 minimarket atau swalayan, 346 toko, 6 restoran, serta 214 warung makan.

Editor: Tri Joko Her Riadi
dewanpers