web analytics
  

Ini Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat beserta Artinya

Kamis, 29 Oktober 2020 08:27 WIB
Umum - Pendidikan, Ini Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat beserta Artinya, Doa Selamat Dunia dan Akhirat,Doa setelah salat,Islam

[Ilustrasi] Berdoa. (Pixabay/Samer Chidiac)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Doa merupakan adab, pengharapan, permohonan manusia kepada Allah SWT. Salah satu doa yang perlu dibaca adalah doa meminta keselamatan di dunia dan akhirat.

Di tengah pandemi virus corona Covid-19, membaca doa agar terhindar dari marabahaya sangat dianjurkan para pemuka agama. Dalam buku Memahami Arti Bacaan Shalat karya M Masrur, disebutkan doa tentang permohonan keselamatan dunia dan akhirat kepada Allah.

Doa tersebut berbunyi:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma inna nasaluka salamatan fi ad-dini wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan fi ar-rizqi wa taubatan qablal-mauti wa rahmatan indal-mauti wa maghfiratan ba’dal-mauti. Allahumma hawwin alaina fii sakaratil-mauti wannajata minannari wal-afwa indal-hisabi.”

Yang artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan di dalam beragama, dan kesehatan pada jasad (tubuh dan jiwa), dan limpahan ilmu, keberkahan dalam rizki, taubat sebelum kematian menyapa (datang), rahmat saat kematian tiba, dan ampunan setelah kematian itu terjadi,”.

“Ya Allah, mudahkanlah atas kami di dalam menempuh sakratul maut, berikanlah keselamatan dari siksa neraka, dan ampunan di hari hisab.”

Doa ini dianjurkan dibaca di saat wirid usai salat. Jika dalam sehari umat Muslim dapat membacanya sebanyak 5 kali usai salat fardu, niscaya doa yang dihaturkan akan diijabah dengan sebaik-baiknya ijabah oleh Allah SWT di waktu yang tepat.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers