web analytics
  

Libur Panjang Oktober, Bioskop di Bandung Buka dan Tutup Jam Berapa?

Kamis, 29 Oktober 2020 06:36 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Libur Panjang Oktober, Bioskop di Bandung Buka dan Tutup Jam Berapa?, Libur Panjang Oktober,jadwal bioskop bandung,Bandung Hari Ini,Bandung zona oranye

Aktivitas warga saat hari pertama beroperasinya bioskop di CGV Bandung Elektronic Center (BEC), Jalan Purnawarman, Kota Bandung, Jumat (9/10/2020). Setelah dilakukannya simulasi untuk bioskop beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Bandung memberikan relaksasi terkait operasional di 9 bioskop pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru Diperketat dengan mewajibkan penerapan protokol kesehatan, meskipun Kota Bandung masih berstatus zona merah. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pada libur panjang 28-30 Oktober 2020, ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan, salah satunya menonton film ke bioskop. Bioskop di Kota Bandung sudah dibuka sejak Jumat (9/10/2020).

Lantas, bioskop mana saja dan dari pukul hingga pukul berapa bioskop di Kota Bandung beroperasi? Saat pertama lagi dibuka, Jumat (9/10/2020), ada 9 bioskop di Kota Bandung yang kembali beroperasi dan sudah mendapat izin operasional.

Kesembilan bioskop tersebut, yakni:

  1. CGV PVJ
  2. CGV Miko Mall
  3. CGV BEC
  4. CGV Paskal
  5. CGV Metro Indah Mall
  6. CGV Kings
  7. XXI Ciwalk
  8. XXI Ubertos
  9. Cineapolis Istana Plaza

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari menyebut pembukaan bioskop telah berjalan sesuai prosedur.

"Bioskop sudah direlaksasi berdasarkan Perwal Kota Bandung Nomor 46 Tahun 2020. Sudah ditinjau, sudah simulasi untuk sarana dan prasarana protokol kesehatannya secara ketat," ungkap Kenny, sapaan Dewi saat dihubungi Ayobandung.com, Jumat (9/10/2020).

Bioskop buka dan tutup jam berapa?

Berdasarkan Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 37 tahun 2020 pasal 14 ayat (4) disebutkan bahwa, 'Waktu operasional Pusat Perbelanjaan/Mall/Pertokoan dan sejenisnya ditetapkan sebagai berikut:

a. jam operasional Pusat Perbelanjaan/Mall dan toko modern yaitu mulai jam 10.00 WIB sampai dengan jam 21.00 WIB.'

Artinya, berbagai kegiatan di mal hanya boleh dilakukan mulai pukul 10.00-21.00 WIB, termasuk operasional bioskop yang berada di mal.

Risiko

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) memasukkan pergi ke bioskop dalam daftar kegiatan berisiko tinggi penularan virus corona.

"Bioskop membawa orang-orang ke dalam ruangan dan berada dalam jarak dekat untuk waktu yang lama," kata Anne Rimoin, PhD, MPH, profesor epidemiologi di UCLA Fielding School of Public Health, kepada Health.

"Virus ditularkan melalui tetesan saat kita berbicara, tertawa, dan bernapas. Sementara bioskop adalah tempat Anda duduk di ruangan yang penuh orang asing yang makan dan minum selama dua hingga tiga jam dengan ventilasi minim," kata Rimoin.

Menurut Carol A. Winner, MPH, pendiri gerakan jarak pribadi Give Space pada tahun 2017 menyatakan, kemungkinan penularan dalam bioskop mirip dengan yang terjadi di dalam restoran.

"Meskipun di bioskop orang-prang lebih sedikit berbicara, masker yang mereka gunakan bisa saja dilepas," kata Winner.

"Ini yang kemudian menjadi bahaya ketika orang-orang mulai tertawa, batuk, bersin, dan kemudian mencoba berbicara dengan teman mereka yang jaraknya hanya satu setengah meter," kata dia.

Walau jarak sosial hingga pembersihan tangan bisa menekan penyebaran virus corona, tindakan ini tidak dapat menghentikan penyebaran sama sekali. Dalam banyak kasus, sulit untuk mengetahui apakah sesama penonton bioskop mengikuti semua aturan.

Jika Anda pergi ke bioskop, Rimoin menyarankan untuk memilih bioskop yang membatasi pengunjung secara signifikan. Kemudian, tidak melepaskan masker dan tidak menggunakan kamar mandi umum.

"(Lalu) gunakan pembersih tangan Anda, terutama setelah Anda duduk di kursi untuk menghindari transmisi permukaan," kata Winner.

Sementara itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mengimbau masyarakat tetap waspada saat pandemi corona.

Adapun pencegah virus corona yang bisa dilakukan yakni dengan:

Pertama, #pakaimasker secara benar. Masker sekali pakai, seperti masker medis, hanya digunakan sekali. Masker kain harus dicuci sebelum digunakan kembali.

Kedua, selalu #jagajarak dengan siapapun di luar rumah dan hindari kerumunan.

Ketiga, #cucitangan pakai sabun dengan air mengalir selama minimal 20 detik.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers