web analytics
  

Satgas: Banyak Keluarga Pasien Covid-19 di Cianjur Tolak Swab

Rabu, 28 Oktober 2020 18:25 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Satgas: Banyak Keluarga Pasien Covid-19 di Cianjur Tolak Swab, Corona Cianjur,Update Corona Cianjur,Update Covid-19 Cianjur,Covid-19 Cianjur,Satgas Covid-19 Cianjur,Tempat isolasi Covid-19 Cianjur

Swab test Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CIANJUR,  AYOBANDUNG.COM -- Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Cianjur mengaku saat ini masih banyak keluarga dan orang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang menolak di-swab test.

Juru bicara Satgas Covid 19 Kabupaten Cianjur dr Yusman Faisal mengatakan, banyak keluhan dari tim kesehatan Puskesmas yang mendapat tugas untuk melaksanakan swab test terhadap orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19.

“Mereka menolak untuk dilakukan swab test dengan segala bentuk alasan, padahal hal ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi penyebaran yang lebih luas,” ujar Yusman Faisal kepada Ayobandung.com, Rabu (28/10/2020).

Yusman mengakui masih ada yang beranggapan Covid-19 menjadi aib dan berdampak sosial, kadang disamakan dengan HIV/AIDS.

“Memang masih ada yang menganggap Covid-19 ini hal yang tabu, sehingga mereka menolak untuk didatangi tim medis dari Puskesmas,” katanya.

Yusman berharap masyarakat yang belum paham bisa mengerti Covid-19 merupakan virus yang bisa disembuhkan dan kalau dibiarkan akan sangat bahaya.

“Adanya kasus penolakan di beberapa tempat ini, menjadikan kami bersama semua pihak terkait harus bisa lebih memberikan pengetahuan tentang Covid-19, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi lingkungannya,” ungkapnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers