web analytics
  

PERSIB HARI INI: Kalahkan Persija, Frets Butuan Cetak Gol Perdana

Rabu, 28 Oktober 2020 12:12 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, PERSIB HARI INI: Kalahkan Persija, Frets Butuan Cetak Gol Perdana, Frets Butuan,Persib vs Persija,Sejarah Persib,PERSIB HARI INI

Frets Listanto Butuan mencetak gol debutnya bersama Persib saat bertemu Persija Jakarta dalam laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 28 Oktober 2019. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Frets Listanto Butuan mencetak gol debutnya bersama Persib saat bertemu Persija Jakarta dalam laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 28 Oktober 2019.

Gol Frets ke gawang Persija Jakarta tahun lalu mengantarkan pemuda asal Ternate menyabet penghargaan kategori Goal of the Year 2019 dari gelaran Forum Wartawan Persib Choice Award yang dihelat di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Sabtu (22/2/2020). 

Gol indah Frets yang diciptakan di menit ke-51 mampu menjadi pemecah kebuntuan setelah terjadi deadlock pada babak pertama. 

Menyisir sisi kanan pertahanan Persija, Frets mampu mengelabui Novri Setiawan hingga merangsek ke kotak penalti. Setelah mendapatkan ruang tembak, Frets melepaskan tendangan keras yang gagal diantisipasi kiper Andritany Ardhiyasa.

Gol debut itu menjadi momen yang monumental bagi Frets. Dia mencatatkan gol perdananya untuk Maung Bandung dalam laga sarat gengsi menghadapi Persija.

Awal Musim 2019 Resmi Berkostum Persib

Bersama dua pemain lainnya yang didatangkan dari PSMS Medan, Abdul Aziz dan Erwin Ramdani, Frets diperkenalkan manajemen PT Persib Bandung Bermartabat pada Januari 2019. Di musim awal gabung bersama Persib, pemain kelahiran 4 Juni 1996 itu tercatat telah menyumbang 3 gol.

Dua gol Frets lainnya diciptakan saat laga kontra Arema FC, 12 November 2019 dan Bali United, 28 November 2019. Frets juga tercatat telah tampil sebanyak 16 kali di kompetisi Liga 1 untuk Pangeran Biru dengan lama tampil 945 menit.

Jalannya Laga Laga pekan ke-25 Liga 1 2019 

Duel klasik Persib Bandung vs Persija Jakarta berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Persib Bandung. Gol tim asuhan Robert Alberts itu berhasil dibukukan Frets Butuan (51) dan Ezechiel NDouassel (58).

Sejak babak pertama, laga Persib Bandung vs Persija Jakarta berlangsung dengan tempo cukup tinggi. Di 10 menit pertama, kedua tim saling menyerang ke jantung pertahanan lawannya.

Di menit 12, peluang pertama dari Persija Jakarta sempat membahayakan gawang Persib Bandung. Namun, sundulan Marko Simic melenceng dari gawang I Made Wirawan.

Sementara itu, Persib mulai mengancam di menit 20. Peluang emas Maung Bandung sempat hadir dari tendangan bebas Kevin van Kippersluis. Sayang, bola atas yang diterima Achmad Jufriyanto gagal dikonversi menjadi sebuah gol.

Hingga menit 30 jalannya laga, kedua tim masih mencari titik celah untuk menembus pertahanan lawan. Namun, kedua tim masih kesulitan lantaran baik Maung Bandung maupun Macan Kemayoran masih sangat disiplin menjaga kedalaman pertahanan tim. Sampai menit 35, kedua tim masih minim peluang.

Permainan umpan panjang diterapkan kedua tim. Sayang, tak ada peluang on target yang dihasilkan. Hingga menit 40, kedua tim masih minim kreasi penyerangan. Keduanya masih kesulitan mendistribusikan bola.

Usai turun minum, Persib mulai mendominasi permainan. Di menit 51, Frets Butuan tanpa terduga berhasil memecah kebuntuan di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Setelah itu, Persija sempat berusaha menciptakan gol balasan. Namun tendangan keras Marko Simic berhasil ditepis penjaga gawang I Made Wirawan.

Tak disangka, Maung Bandung kembali unggul. Kali ini umpan matang Ardi Idrus di sisi kanan berhasil dimanfaatkan Ezechiel Ndouassel di menit 58. Ezechiel yang berdiri bebas di depan gawang Andritany Ardhiyasa berhasil membukukan gol kedua bagi Maung Bandung.

Di pinggir lapangan, pelatih Persib Bandung Robert Alberts melakukan pergantian pemain. Di menit 65, Frets Butuan ditarik keluar dan digantikan Ghozali Siregar. Tak berselang lama, Zalnando masuk menggantikan Ardi Idrus yang cedera di menit 68.

Di menit 82, Persib sempat mendapatkan peluang emas melalui tendangan penalti. Namun, sang eksekutor, Ezechiel N'Doassel, gagal memanfaatkan peluang emas tersebut. Tendangan penalti striker asal Chad itu hanya melambung jauh di atas mistar gawang Andritany Ardhiyasa.

Hingga menit 90, kedua tim tidka menurunkan serangan. Di tiga menit waktu tambahan pun, kedua kesebelasan masih mencari celah untuk melesakkan gol.

Persija pun mencoba memperpendek jarak. Di menit-menit akhir waktu tambahan, Marko Simic mencoba menghasilkan gol untuk timnya. Namun hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada gol susulan dari kedua tim. Laga pun usai dengan skor 2-0 untuk keunggulan Persib Bandung.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers