web analytics
  

Berani Parkir Liar di Bandung, Kendaraan Akan Dicabut Pentil hingga Diderek

Rabu, 28 Oktober 2020 11:23 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Berani Parkir Liar di Bandung, Kendaraan Akan Dicabut Pentil hingga Diderek, Razia Parkir Liar,Parkir liar Bandung,Parkir Liar,Sanksi parkir liar

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol M. Rano Hadiyanto. (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung akan melakukan tindak tegas bagi pengendara yang parkir sembarangan.

Polisi Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung bersama Dinas Perhubungan serta Satpol PP akan menggelar operasi penertiban bagi pelanggar parkir liar, Rabu (28/10/2020).

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol M. Rano Hadiyanto mengatakan, pelanggaran parkir sembarangan tidak hanya terjadi sekali saja, melainkan sudah berulang kali.

"Memasuki hari kedua operasi zebra. Kami di sini bekerja sama dan berkoordinasi antarinstasi. Sampai 12 hari ke depan kita akan operasi gabungan," ujar Rano di Polrestabes Bandung, Rabu (28/10/2020).

Ia juga menjelaskan, masih ada saja pelanggaran parkir liar di Kota Bandung. Padahal, di sekitar jalan telah terpampang rambu dilarang parkir, namun masih saja pengendara tidak mematuhi rambu tersebut.

"Oleh karena itu, razia yang bersifat stasioner ditiadakan, saat ini hunting sistem. Termasuk kegiatan nanti terkait penertiban parkir liar diberikan imbauan dahulu, namun tindak tilang juga diberlakukan," kata Rano.

Petugas melakukan razia kendaraan yang parkir liar di Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Selasa (8/9/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

Para pelanggar parkir liar, lanjut Rano, nantinya akan diberikan imbauan terlebih dahulu. Namun, jika pelanggarannya bersifat fatal dan menyebabkan kemacetan maka akan diberikan tindak penilangan.

"Kami berikan imbauan, teguran lisan, namun apabila pelanggarannya fatal maka akan ditilang, cabut pentil dan diderek," ucapnya.

"Akan dilakukan cabut pentil, kemudian di derek namun situasional. Saat di lapangan, nanti disampaikan dengan cara yang baik kepada pelanggar, dijelaskan bahwa pelanggar salah telah parkir sembarangan," jelasnya.

Lebih dari 100 personel dikerahkan pada operasi parkir liar kali ini. "Untuk penertiban parkir liar, sampai berakhirnya operasi zebra. Ada dari satuan lalu lintas 50 anggota, lalu 30 anggota Dishub, serta 40 anggota Satpol PP dan 2 anggota Polisi Militer," tutur Rano.

 

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers