web analytics
  

Diperingati Setiap 28 Oktober, Ini Bacaan Ikrar Sumpah Pemuda

Rabu, 28 Oktober 2020 10:17 WIB Suara.com
Umum - Nasional, Diperingati Setiap 28 Oktober, Ini Bacaan Ikrar Sumpah Pemuda, Ikrar Sumpah Pemuda,Sumpah Pemuda,Peringatan Sumpah Pemuda,Bacaan Sumpah Pemuda

Warga Kampung Cidadap melakukan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia di puncak Gunung Hawu, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (17/8/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kata-kata Sumpah Pemuda jika diresapi tentu saja akan membuat hati dan pikiran menjadi semakin termotivasi. 

Sudah lebih dari 8 dasawarsa Bangsa Indonesia terus memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober sebagai satu pengingat dari sejarah nasional yang mengagumkan. Dan kini, sudah saatnya generasi muda Indonesia untuk terus bersatu dan membulatkan tekad kuat membangun Tanah Air Indonesia.

Perjuangan para pahlawan yang telah mendirikan Indonesia haruslah dimaknai dengan sepenuh jiwa. Hingga titik darah penghabisan, generasi muda seharusnya memiliki semangat yang terus berkobar untuk saling bahu-membahu dalam membela Tanah Air Indonesia.

Sebenarnya, makna Hari Sumpah Pemuda bukanlah setahun sekali, tetapi harus terus ada di setiap hari dari perjalanan hidup generasi muda Indonesia.

 

Ikrar Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Ikrar tersebut merupakan hasil sebuah putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928. Hasil putusan tersebut yaitu:

Pertama, Kami Putra-Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua, Kami Putra-Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga, Kami Putra-Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers