web analytics
  

Ini 5 Waktu Dikabulkannya Doa

Rabu, 28 Oktober 2020 05:32 WIB
Umum - Pendidikan, Ini 5 Waktu Dikabulkannya Doa, Berdoa,Doa,waktu dikabulkannya doa,Islam

[Ilustrasi] Terdapat 5 waktu dikabulkannya doa, salah satunya pertengahan malam terkahir, ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. (Republika/Thoudy Badai)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Terdapat sejumlah syarat waktu, keadaan, dan tempat dikabulkannya doa. Hal ini dapat dilihat melalui kitab, Adz-Dzikru wad Du'aa wal Ilaaj bir Ruqaa minal Kitaab was Sunnah, Ad-Duaa Syaikh Husain Awayisyah, Ad-Duaa Muhammad Ibrahim al-Hamd, An-Nubadz al-Mustathaabah, dan Tash-hiihud Duaa.

Dikutip dari buku Kumpulan Doa dari Alquran dan As sunnah yang Shahih karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas, lima di antara waktu terkabulnya doa yakni:

1. Malam Lailatul Qadar

2. Pertengahan malam terkahir, ketika tinggal sepertiga malam yang akhir.

Berdasarkan hadis riwayat Al-bukhari, Muslim, dan lainnya, sepertiga malam terakhir kira-kira antara jam 24.00 sampai menjelang subuh (fajar), Wallaahu A'laam.

3. Duburush Shalawaatil Maktuubah (akhir salat-salat wajib).

Syaikh bin Baaz rahimahullah berkata: "Kata duburush shalah bisa berarti akhir salat sebelum salam, juga bisa berarti sesudah salam (langsung). Banyak sekali hadis menunjukkan kepada dua pengertian tersebut. Namun kebanyakan hadis-hadis itu menunjukkan bahwa yang dimaksud adalah akhir salat, tetapi sebelum salam, karena hal itu ada kaitannya dengan doa (dan seterusnya).

4. Waktu antara azan dan iqamah.

5. Pada saat setiap kali setelah dikumandangkan azan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers