web analytics
  

Pelatih Persib Komentari Banyak Tim Bubar karena Ketidakpastian Liga

Selasa, 27 Oktober 2020 19:13 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Pelatih Persib Komentari Banyak Tim Bubar karena Ketidakpastian Liga, Pelatih Persib Bandung Robert Alberts,Borneo FC,Liga 1 2020

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Irfan Al-Faritsi)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Imbas ketidakpastian masa depan kompetisi Liga 1 2020 membuat banyak tim menghentikan latihan, salah satunya dilakukan Borneo FC.

Menanggapi situasi ini, pelatih Persib Bandung Robert Alberts mengaku tidak tahu persis alasan yang mendasari sejumlah klub memutuskan untuk meliburkan para pemainnya. Namun Robert menilai, sejumlah peserta Liga pasti memiliki alasan kuat untuk membubarkan aktivitas tim.

"Ada banyak tim yang menghentikan latihan karena dan saya rasa mereka mempunyai alasannya masing-masing, alasan personal dari klub tersebut," kata Robert usai sesi latihan, Selasa (27/10/2020).

Kendati demikian, pelatih asal Belanda itu enggan mengikuti langkah serupa. Robert tak ingin meliburkan tim asuhannya lantaran memiliki keyakinan lanjutan kompetisi bakal kembali bergulir pada Januari 2021.

Hingga saat ini skuat Maung Bandung tetap rutin menggelar sesi latihan kolektif. Robert menegaskan, skuat Pangeran Biru masih memiliki optimisme untuk lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

"Tapi kami di Persib Bandung sangat serius dalam melanjutkan liga, karena itu adalah pekerjaan kami, profesi kami dan inspirasi kami," katanya.

Di sisi lain, Robert tak menampik ketidakpastian ini berpengaruh terhadap penurunan motivasi pemainnya. Namun pelatih berusia 65 tahun itu tak ingin  membuat motivasi Wander Luiz cs kian anjlok. Sebagai pelatih, dia terus berusaha memompa semangat Pangeran Biru sembari menunggu secerca harapan untuk dimulainya kembali Liga 1 2020.

"Dengan tetap bermain sepak bola, kami menjaga harapan itu tetap menyala dan kami akan siap jika kompetisi dimulai kembali," katanya.

Eks pelatih Arema FC dan PSM Makassar itu memprediksi lanjutan Liga 1 baru akan bisa digelar pada Januari 2021. Pasalnya, pada November dan Desember, Indonesia akan dihadapkan pada proses Pilkada. Di waktu itu, Robert menilai, kemungkinan Liga bisa bergulir sangat kecil karena sulitnya mendapatkan izin keramaian dari kepolisian.

"Memang indikasinya masih tetap pada Januari liga akan digelar meskipun mungkin dalam format yang berbeda seperti turnamen. Tapi tetap akan melanjutkan untuk fokus terhadap itu," ujarnya.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers