web analytics
  

Musim Hujan, Warga Bandung Diminta Siapkan Tas Siaga Bencana

Selasa, 27 Oktober 2020 17:39 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Musim Hujan, Warga Bandung Diminta Siapkan Tas Siaga Bencana, Bencana musim hujan,Berita Bandung,siaga bencana,Bandung  Siaga Bencana,Bencana Bandung,tas siaga bencana,Longsor,banjir

Komponen Tas Siaga Bencana. (Buku Saku Siaga Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana 2019)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kota Bandung kerap diliputi sejunmlah potensi bencana, terutama saat musim hujan datang. Di antaranya meliputi banjir, longsor, pohon tumbang, dan sebagainya.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menyarankan warga Kota Bandung untuk dapat mempersiapkan tas siaga bencana. Hal tersebut berguna untuk menyelamatkan dokumen-dokumen penting dan mempersiapkan kebutuhan pokok pribadi apabila situasi bencana datang.

Kepala Seksi Tanggap Darurat Bencana Diskar PB Bandung Roby Darmawan mengatakan, tas siaga bencana penting untuk dimiliki setiap warga. Tas tersebut dapat membantu mempercepat proses evakuasi diri di tengah bencana.

"Bencana itu kan kita tidak tahu kapan datangnya, jadi dengan tas ini, kita bisa lebih cepat dalam mengevakuasj diri," kata Roby di Balai Kota Bandung, Selasa (27/10/2020).

Roby mengatakan, tas siaga bencana adalah sebuah tas yang berisikan barang-barang penting dan berharga. Mulai dari surat-surat berharga, identitas diri, hingga kebutuhan pokok selama beberapa hari ke depan.

"Jadi di dalamnya itu ada bahan pokok, obat-obatan, makanan, dan barang maupun surat-surat berharga," ungkapnya.

Roby mengatakan, tas tersebut tidak hanya perlu disiapkan oleh warga yang daerahnya rutin terkena banjir atau longsor di musim hujan. Pasalnya, potensi bencana selalu ada dan kemunculannya tidak dapat diprediksi.

"Bencana itu kan luas, jadi tidak hanya banjir, tapi ada juga longsor, bahkan gempa bumi. Jadi kita harus siaga terus salah satunya dengan menyiapkan tas keselamatan ini," jelasnya.

Bila merujuk pada Buku Saku Siaga Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2019, tas siaga bencana adalah tas yang dipersiapkan anggota keluarga untuk berjaga-jaga apabila terjadi suatu bencana atau kondisi darurat lain. Fungsinya adalah sebagai persiapan untuk bertahan hidup saat bantuan belum datang dan memudahkan kita saat evakuasi menuju tempat aman.

Beberapa barang yang harus ada di dalam tas meliputi makanan ringan yang tahan lama, surat-surat berharga, pakaian dan jaket perlengkapan keselamatan seperti peluit, alat bantu penerangan, radio, charger, kotak P3K dan obat-obatan pribadi. Juga peralatan mandi, air mineral, masker, pakaian ganti, serta uang cash secukupnya.

Sebaiknya, makanan dan air mineral yang dipersiapkan adalah yang bisa digunakan untuk bertahan selama tiga hari. Utamakan makanan yang dapat bertahan dengan cukup lama seperti biskuit, mie instan, cokelat, abon, dan sebagainya.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers