web analytics
  

Puncak Arus Libur Panjang di Tol Cipali Diprediksi Terjadi Besok

Selasa, 27 Oktober 2020 17:34 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Puncak Arus Libur Panjang di Tol Cipali Diprediksi Terjadi Besok, Tol Cipali,libur panjang 2020,libur panjang Oktober 2020

Jalan Tol. (Ayobandung.com)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) diprediksi meningkat pada libur panjang akhir pekan ini dibanding rerata harian.

PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Infra Toll Road Cipali) sebagai perusahaan pemegang hak konsesi Tol Cipali di Jawa Barat memperkirakan peningkatan arus lalu lintas 48% dari 31.000 kendaraan.

"Untuk libur panjang kali ini, kami prediksi lalu lintas meningkat dari rata-rata harian di Gerbang Tol Palimanan selama 7 hari mencapai 47.000 kendaraan/hari atau naik 48% dari 31.000 kendaraan," ungkap Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo, Selasa (27/10/2020).

Puncak arus mudik di Tol Cipali dimungkinkan berlangsung pada Rabu (28/10/2020) dan arus balik pada Minggu (1/11/2020).

Untuk ini, dia meyakinkan, Gerbang Tol Palimanan sudah disiapkan menampung peningkatan arus sekitar 60.000 kendaraan dengan mengoperasikan 30 unit gardu exit dan entrance.

"Kalau terjadi kepadatan lalu lintas, dimungkinkan dilakukan manajemen lalu lintas yang sifatnya situasional, dengan koordinasi bersama kepolisian," ujarnya.

Dia menyebutkan setidaknya 2 mekanisme sebagai antisipasi lonjakan kendaraan. Salah satu mekanisme itu berupa pemasangan median water Harrier (MWB) maupun rubber cone di lokasi depan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) yang tersebar di 8 titik.

Pemasangan MWB dan rubber cone dimaksudkan mencegah kendaraan pengguna jalan parkir di bahu jalan sepanjang TIP. Kendaraan yang parkir di bahu jalan sepanjang TIP berpotensi menyebabkan kemacetan arus lalu lintas.

Mekanisme lain berupa buka-tutup TIP bila pengunjung TIP melebihi kapasitas dan terjadi kemacetan pada akses masuk TIP. Pengguna jalan disarankan beristirahat di TIP berikutnya atau keluar di gerbang tol terdekat untuk beristirahat atau mengisi BBM.

"Selanjutnya bisa masuk kembali ke jalur Tol Cipali dengan tarif yang sama," tambahnya.

Jalur Tol Cipali sendiri merupakan rute strategis bagi pengguna jalan tang hendak menuju Cirebon dan Jawa Tengah. Jalur ini memperpendek jarak Cikampek dan Cirebon sepanjang 40 km dibanding melalui rute pantura.

Menurutnya, tren lalu lintas pada liburan kali ini dimungkinkan akan dipadati pengguna jalan yang akan menuju Jawa Tengah dan sekitarnya.

Pihaknya lebih jauh mengimbau pengguna jalan menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan.

"Tetap pakai masker dan jaga jarak minimal 1 meter saat berada di public area atau lokasi TIP. Kami sudah sediakan wastafel portabel di setiap sudut TIP supaya pengunjung tetap dapat mencuci tangan," katanya.

Selain menjaga kondisi kesehatan dan kendaraan, pihaknya pula mengingatkan pengendara memenuhi batas kecepatan sesuai ketentuan minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. Saat hujan, batas kecepatan maksimal hanya 70 km/jam.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers