web analytics
  

Masih Pandemi, Kapolresta Bandung Imbau Masyarakat Tidak Liburan

Selasa, 27 Oktober 2020 15:46 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Masih Pandemi, Kapolresta Bandung Imbau Masyarakat Tidak Liburan , Kapolresta Bandung AKBP Hendra Kurniawan,Libur Panjang,Obyek wsata

Objek wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengimbau masyarakat tidak memanfaatkan long week end untuk berwisata.

Menurut Hendra, pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga masyarakat harus tetap mewaspadai penyebaran virus Coroba. Terlebih dimungkinkan banyak orang yang masuk kategori OTG (orang tanpa gejala) yang menjadi carrier covid-19.

"Kami tetap mengimbau masyarakat untut tetap di rumah. Selama long week end ini, tidak usah berwisata dulu," tutur Hendra, Selasa (27/10/2020).

Kalau tetap keukeuh ingin berwisata, Hendra mengingatkan agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, juga menjaga jarak.

"Hindari kerumunan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19," ujarnya.

Walau demikian, dalam long week end kali ini pihaknya tetap mengamankan jalur wisata di Kabupaten Bandung. Sejumlah personel akan ditempatkan di titik-titik rawan kemacetan.

Jabar Siaga 1
Menghadapi libur panjang akhir pekan minggu ini, Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan siaga satu. Kesiagaan tersebut dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan penyebaran Covid-19 di kalangan warga dan wisatawan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan petugas keamanan hingga pengetesan acak Covid-19 untuk para wisatawan. Pengawasan difokuskan di sejumlah tol.

"Sudah siaga satu dimulai besok. Polisi-polisi di Jabar sudah mulai bergerak ke lapangan, menekan pergerakan khususnya di jalan tol. (Pengawasan) akan dipusatkan di Cikopo, dan akan ada penambahan petugas di daerah-daerah seperti Lembang, Puncak, dan lain-lain," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Senin (26/10/2020).

Ia mengatakan, untuk libur panjang kali ini pihaknya akan melakukan pengetesan swab acak bagi para wisatawan. Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya, dan ditujukkan untuk melacak kemungkinan adanya klaster penyebaran Covid-19 di kalangan wisatawan.

Selain itu, ia juga meminta para pelaku usaha wisata untuk dapat berkomitmen menjaga kapasitas tempat wisatanya pada libur panjang nanti. Pihaknya juga akan mengunjungi tempat-tempat wisata seperti tempat hiburan malam untuk melakukan pengetesan acak.

 

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers