web analytics
  

Polda Jabar Kerahkan 14.000 Personel Selama Libur Panjang

Selasa, 27 Oktober 2020 15:19 WIB Fichri Hakiim
Umum - Regional, Polda Jabar Kerahkan 14.000 Personel Selama Libur Panjang, Libur Panjang,Pengamanan libur panjang,Jabar Siaga 1 Bencana,Polda Jawa Barat

Waisatawan bermain di kawasan wisata Pantai Ranca Buaya, Minggu (16/8/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Polda Jabar kerahkan sekitar 14.000 personel untuk melakukan pengamanan libur panjang. Nantinya, para personel tersebut ditempatkan di berbagai titik keramaian seperti jalan tol, terminal, pusat perbelanjaan, bandara hingga rest area yang berada di dalam tol.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A. Chaniago mengatakan, pengamanan dilakukan selama periode libur panjang.

"Di jalur Tol Cileunyi, Purbaleunyi, Jagorawi. Lalu di pintu tol seperti di Cikopo Palimanan, Pasteur dan lain-lain, kemudian di rest area juga. Lalu, di perbelanjaan seperti pasar dan mall, terminal bus, bandara, pelabuhan," ujarnya ketika dikonfirmasi, Selasa (27/10/2020).

Erdi menuturkan, petugas kepolisian juga melakukan pengamanan di jalur wisata yang sering menjadi tujuan wisatawan, seperti Puncak Bogor, Lembang, dan Pangandaran.

Sementara itu, di jalur Puncak Bogor, polisi akan melakukan sistem buka tutup jalan bila terjadi kepadatan kendaraan.

"Puncak Bogor seperti biasanya, kalau kepadatan sudah tidak terkendali, mungkin ada buka tutup arus, tentunya tempat wisata juga bakal ada pengamanan," katanya.

Erdi mengimbau para wisatawan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Namun, alangkah lebih baik bila masyarakat tetap berada di rumah untuk mencegah penularan.

"Imbauannya gunakan protokol kesehatan, hand sanitizer, jaga jarak, tapi kita juga mengimbau sebenarnya untuk di rumah saja," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kawasan Puncak Bogor kerap kali menjadi destinasi bagi para wisatawan. Tak heran, jika lalu lintas yang mengarah ke lokasi Puncak Bogor sering mengalami kepadatan.

Dilihat dari Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, hari libur nasional Oktober 2020 jatuh pada 29 Oktober yakni Maulid Nabi Muhammad SAW. Sementara untuk libur cuti bersama adalah tanggal 28 dan 30 Oktober 2020.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers