web analytics
  

Cegah Klaster Corona, Petugas Pilkada Cianjur Rapid Test Gratis

Selasa, 27 Oktober 2020 13:12 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Cegah Klaster Corona, Petugas Pilkada Cianjur Rapid Test Gratis, Klaster Corona,Pilkada Cianjur

KPU Cianjur melakukan rapat koordinasi menjelang rapid test petugas KPPS. (Ayobandung.com/M Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Pemerintah Kabupaten Cianjur akan meniadakan biaya rapid test dengan nilai total sebesar Rp124.200.000 untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pilkada Cianjur. Saat ini, segala sesuatunya sedang dipersiapkan Dinas Kesehatan.

“Saya sudah meminta Dinas Kesehatan untuk memasilitasi keinginan KPU Cianjur untuk menggratiskan biaya rapid test yang asalnya sebesar Rp25.000 per petugas,” ujar Pj Bupati Cianjur Dudi Sudradjat Abdurachim kepada Ayobandung.com, Selasa (27/10/2020).

Sebelumya, tarif rapid test yang ditetapkan Dinas Kesehatan sebesar Rp25.000 per petugas KPPS, dirasa akan memberatkan. KPU Cianjur pun mengajukan permohonan untuk ditiadakan.

“Memang ada biayanya, tapi itu hanya jasa aja. Kalau alat rapid test kan sudah ada dalam anggaran pengadaan sebelumnya di Pilkada Cianjur,” katanya.

Namun, muncul lagi permasalahan, tutur Dudi, terutama bagi petugas di desa yang jauh dengan puskesmas, terutama di Cianjur wilayah Selatan.

“Memang ada keberatan mengenai ongkos transportasi bagi yang jauh ke puskesmas, bahkan ada yang menggunakan ojek motor dengan ongkos Rp170.000,” ungkapnya.

Dudi menjelaskan, hal itu persoalan teknis. Bisa saja petugas kesehatan melakukan rapid test di desa, tidak di puskesmas. “Bisa disiasati lah yang seperti itu mah,” katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers