web analytics
  

Demo di Gedung Sate, Buruh: Sebenarnya Kami Takut Covid-19, tapi ...

Selasa, 27 Oktober 2020 13:13 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Demo di Gedung Sate, Buruh: Sebenarnya Kami Takut Covid-19, tapi ..., UMK 2021,UMK 2021 tidak naik,upah minimum 2021 tidak naik,upah minimum 2021,Demo Buruh di Gedung Sate

Ratusan buruh melakukan unjuk rasa di Jalan Diponogoro tepatnya di depan Gedung Sate Bandung, Selasa (27/10/2020). (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan buruh melakukan unjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung, Selasa (27/10/2020). Terlihat para buruh berteriak menyuarakan aspirasinya.

Dalam aksi unjuk rasa kali ini, ada 2 tuntutan utama yang disuarakan, yaitu menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 dan pembatalan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Salah satu buruh, Iya Ruhiya (41), mengaku sebenarnya ia takut melakukan unjuk rasa di masa pandemi seperti ini. Namun ia harus membela keadilan.

"Jujur saja saya takut ikut unjuk rasa, apalagi saat ini masih berada di masa pandemi seperti ini. Tapi saya harus membela keadilan, saya menuntut kenaikan UMP Jabar 2021," ujarnya.

Iya sudah menyiapkan semuanya sebelum berangkat melakukan unjuk rasa.

"Tadi sudah disiapkan semuanya, pakai masker, bawa hand sanitizer, pokonya sudah utamain protokol kesehatan. Saya juga berjauhan ini jaga jarak," tuturnya.

Tak hanya menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi, Iya juga menuntut agar pemerintah membatalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja. Menurutnya, UU Cipta Kerja sangat merugikan kaum buruh.

"UU Cipta Kerja memunculkan reaksi dari kelompok sektoral yaitu buruh, tetapi bukan hanya kelompok buruh saja, banyak elemen yang dirugikan juga," kata Iya.

Pemprov Jawa Barat berencana mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jabar 2021 pada Selasa (27//10/2020) hari ini.

Waktu pengumuman UMP yang biasanya dilaksanakan pada 1 November, telah dimajukan menjadi 27 Oktober, mengingat 28 Oktober hingga 1 November cuti bersama sehingga hari kerja terakhir pada 27 Oktober.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers