web analytics
  

PERSIB HARI INI: Akhirnya Menang Usai Seri 6 Kali, Kalah 2 Kali

Selasa, 27 Oktober 2020 12:52 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, PERSIB HARI INI: Akhirnya Menang Usai Seri 6 Kali, Kalah 2 Kali, Michael Essien,Sejarah Persib,PERSIB HARI INI,ISL 2017,Indonesia Super League (ISL)

Michael Essien menjadi salah satu penggawa Persib Bandung di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2017. Di musim tersebut, Persib hanya mampu berada di posisi 13 klasemen akhir. (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Pada 27 Oktober 2017, tepatnya tiga tahu lalu, Persib susah payah mengalahkan Mitra Kukar 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Hasil tersebut menyudahi 8 laga beruntun tanpa kemenangan di Liga 1 2017.

Dari 8 pertandingan terakhir, Persib 6 kali seri dan 2 kali kalah. Padahal saat itu Persib dihuni mantan pemain Chelsea dan Real Madrid, Michael Essien.

Jalannya Pertandingan

Persib baru membuka keunggulan menit 58 lewat aksi Febri Hariyadi. Mitra Kukar lantas menyamakan kedudukan melalui Marclei Cesar Chaves Dos Santos pada menit 70.

Beruntung, 2 gol tambahan dari Achmad Jufriyanto dan Raphael Maitimo di menit-menit akhir menjadikan skor 3-1 untuk keunggulan Persib.

Gol Achmad Jufriyanto dicetak menit 91 dan gol tendangan penalti Raphael Maitimo di menit 95.

Dengan kemenangan tersebut, Persib naik ke peringkat 11 dengan nilai 41. Sementara itu, Mitra Kukar tertahan di peringkat 10 dengan 43 poin.

Dalam pertandingan ini, pelatih Persib Bandung Emral Abus menurunkan komposisi pemain:

M. Natshir Fadhil Mahbuby;

Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Henhen Herdiana/Tony Sucipto (54), Supardi Nasir Bujang;

Dedi Kusnandar/Michael Essien (45), Kim Jeffrey Kurniawan, Hariono;

Raphael Maitimo, Febri hariyadi, Shohei Matsunaga/Fulgensius Billy Paji Keraf (75).

Sementara itu, pelatih Mitra Kukar Yudi Suryata memainkan:

Gerri Mandagi;

Wiganda Pradika, Syaiful Ramadhan, Jorge Gotor Blas, Saepuloh Maulana/Herwin Tri Saputra (90);

Anindito Wahyu Erminarno, Oh Inkyun/Andre Agustiar Prakoso (86), Bayu Pradana, Septian David Maulana;

Marclei Cesar Chaves Dos Santos, Hendra Adi Bayauw/Yogi Rahadian (45).

Rapor Persib selama Liga 1 2017

Persib Bandung bercokol di perinkat 13 klasemen akhir Liga 1 2017 dengan total poin 41. Alasannya, Persib lebih sering seri di kandang dan kalah saat tandang.

Dari 34 laga, Persib seri 14 kali; 8 saat bermain kandang, 5 kali seri saat tandang.

Persib, musim itu, hanya mampu meraih 9 kemenangan (7 di kandang dan 2 tandang). Dua kemenangan tandang diperoleh saat melawan Gresik United dan Sriwijaya FC.

Sementara itu, Persib 11 kali kalah. Umumnya, kekalahan terjadi saat tandang. Persib hanya sekali kalah saat bermain di kandang, yakni saat menjamu Perseru Serui di laga terakhir.

Di musim 2017, Persib menjadi salah satu tim dengan kemampuan mencetak gol paling buruk. Dari 18 tim peserta Liga 1, Persib Bandung berada di posisi 4 terbawah. Persib hanya mampu mencetak 39 gol sepanjang musim 2017 dengan 113 shoot on target. Saat itu, tim degradasi Persiba Balikpapan memiliki catatan 2 gol lebih banyak dari Persib.

Di sisi lain, ada hal positif yang dimiliki Persib selama mengarungi Liga 1 2017, yakni kemampuan bertahan. Persib menjadi tim terbaik kedua dalam kemampuan bertahan. Dari 34 laga, Persib hanya kebobolan 34 kali. Sebanyak 12 laga di antaranya berhasil clean sheet.

Untuk performa pemain, Raphael Maitimo menjadi pencetak gol terbanyak dengan 9 gol, disusul Essien dan Billy dengan 5 gol. Dalam hal umpan-mengumpan, Matsunaga bersama Ezechiel menjadi pengumpan terbanyak dengan 5 assist.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers