web analytics
  

Kecamatan Cibeunying Kidul, Wilayah dan Penduduknya Terkini

Selasa, 27 Oktober 2020 09:24 WIB Andres Fatubun
Bandung Raya - Bandung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Wilayah dan Penduduknya Terkini, Kecamatan Cibeunying Kidul,Data kecamatan,PKL Cicadas

Kawasan PKL di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Cicadas, Kecamatan Cibeunying Kidul. (Ayobandung.com/Nur Khansa)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kecamatan Cibeunying Kidul merupakan kecamatan yang berada di kawasan pusat Kota Bandung.

Cibeunying Kidul memiliki luas wilayah 5,15 kilometer persegi yang terdiri dari lima kelurahan, yaitu Sukamaju, Ciacadas, Cikutra, Padasuka, Pasirlayung, dan Kelurahan Sukapada. Cikutra merupakan kelurahan terluas, dengan persentase luas sebesar 27,03%. Sedangkan yang paling kecil adalah Sukamaju sebesar 8,05%.

Berdasarkan data Kecamatan Cibeunying Kidul dalam Angka 2020 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Cibeunying Kidul berada di ketinggian antara 714-737 meter di atas permukaan air laut.

Secara administratif, Cibeunying Kidul memiliki 87 Rukun Warga (RW) dan 562 Rukun Tetangga (RT).

Jumlah penduduk Cibeunying Kidul per semester II tahun 2019, sebesar 112.903. Dengan jumlah laki-laki sebesar 56.694 dan perempuan 56.209. Cikutra memiliki jumlah penduduk terbanyak (22/947) dan Sukamaju paling sedikit (11.390).

Pendidikan dan Kesehatan
Jumlah sekolah dasar yang berada di Cibeunying Kidul per 2019 sebanyak 17, terdiri dar 10 SD negeri dan tujuh swasta.

Untuk jenjang SMP, terdapat delapan unit sekolah yang terdiri dari tiga SMP Negeri dan lima swasta. 

Sedangkan untuk tingkat SMA, terdapat dua unit sekolah negeri, satu swata, serta dua sekolah menengah kejuruan. 

Di level pendidikan tinggi, terdapat satu lembaga  pendidikan yang dikelola oleh pemerintah dan lima swasta.

Terkait layanan kesehatan di Cibeunying Kidul terdapat dua rumah sakit umum, satu rumah sakit bersalin, satu puskesmas, dan 10 balai pengobatan.

Andalkan Sektor Perdagangan
Sebagai kawasan yang padat penduduk, Kecamatan Cibeunying Kidul tidak memiliki lahan sawah. 

Dalam data BPS, disebutkan Cibeunying Kidul memiliki kahan bukan sawah seluas 515,34 hektare

Sebagai kawasan pemukiman yang mengandalkan sektor perdagangan, di Cibeunying Kidul terdapat 10 bank yang dikelola pemerintah, empat bank swasta, dan tiga koperasi Industri Kecil dan Kerjainan Rakyat, serta sembilan Koperasi simpan pinjam.

Cicadas Market
Salah satu ikon dari Kecamatan Cibeunying Kidul adalah kawasan PKL di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Cicadas. Kawasan yang selalu macet karena padatnya aktivitas warga dan PKL tersebut direnovasi pada akhir tahun lalu.

Sebanyak 602 PKL mulai beroperasi dengan lapak-lapak barunya di bawah nama "Cicadas Market". Peresmian tersebut dilakukan oleh Walikota Bandung, Oded M. Danial.

Salah satu alasan utama dirombaknya lapak PKL yang berdagang di ruas trotoar jalan Jendral A. Yani tersebut adalah karena sempitnya area pejalan kaki dan sirkulasi udara serta sinar matahari terhalang terpal tenda PKL. Hal tersebut membuat area Cicadas dinilai kumuh dan tidak sehat.

Oded berharap, dengan lapak PKL yang lebih tertata dan sirkulasi udara yang lebih terbuka, para pembeli pun dapat lebih tertarik dan betah untuk berbelanja di area tersebut. Sehingga, kegiatan ekonomi warga di Kota Bandung dapat lebih meggeliat.

Lapak PKL yang baru dibangun dengan ukuran seragam yang terbagi ke dalam 2 jenis tenda, yakni tenda tipe 1 dan 2. Pengadaan lapak-lapak baru yang didominasi warna merah tersebut bersumber dari dana CSR salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia.

Oded mengatakan, terwujudnya penataan PKL yang telah menghuni trotoar Jalan Jenderal A. Yani selama lebih dari 20 tahun tersebut tidak lepas dari strategi kolaborasi yang diciptakan di seluruh pihak. Sehingga, dia menyebutkan, sejumlah PKL pun dapat bersedia membongkar dan menata lapaknya sendiri secara sukarela.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers