web analytics
  

Penderita Diabetes Harus Waspadai 5 Buah-buahan Ini

Selasa, 27 Oktober 2020 07:37 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Penderita Diabetes Harus Waspadai 5 Buah-buahan Ini, gula darah,Bahaya Diabetes,Obat Alami Diabetes,penyebab diabetes

[Ilustrasi] Sejumlah buah sangat membahayakan penderita diabetes karena mengandung kadar gula tinggi yang tidak baik bagi kesehatan. (Pixabay/PublicDomainPictures)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meski secara umum buah-buahan adalah makanan yang sehat, namun penderita diabetes lebih baik selektif dalam mengonsumsi buah. Pasalnya, sejumlah buah-buahan mengandung kadar gula tinggi yang tidak baik bagi kesehatan.

Dilansir dari Boldsky, Selasa (27/10/2020), berikut 5 buah yang sebaiknya dihindari penderita diabetes.

1. Mangga

Setiap 100 gram mangga memiliki kandungan gula sekitar 14 gram, yang berpotensi memperburuk keseimbangan gula darah. Sering mengonsumsi mangga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berkepanjangan.

2. Anggur

Di samping kandungannya yang kaya serat, vitamin, dan nutrisi penting lainnya, anggur ternyata memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes perlu berhati-hati saat mengonsumsinya karena dalam 85 gram anggur terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 15 gram.

 

3. Aprikot

Buah yang mirip dengan persik ini tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes, terutama dalam bentuk keringan. Satu cangkir buah aprikot mengandung 74 kalori dan 14,5 gram gula alami.

4. Nanas

Meskipun relatif aman untuk memakan nanas ketika menderita diabetes, konsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah. Senantiasa kontrol konsumsi Anda dan pantau perubahan kadar gula darah setelah mengonsumsi nanas.

5. Prune kering

Ini adalah salah satu buah utama yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Dalam 1/4 cangkir buah prune kering, terdapat indeks glikemik (GI) yang mencapai 130 dan 24 gram karbohidrat. 

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers