web analytics
  

Agar Tak Ditilang Operasi Zebra 2020, Siapkan Hal-hal Ini

Selasa, 27 Oktober 2020 05:46 WIB Heru Rukanda
Umum - Regional, Agar Tak Ditilang Operasi Zebra 2020, Siapkan Hal-hal Ini, Operasi Zebra,Operasi Zebra Lodaya 2020,Tilang Polisi

Pengendara sepeda motor nekat melawan arah untuk menghindari razia kendaraan yang dilakukan pihak kepolisian di Flyover Pasupati, Kota Bandung, Senin (20/7/2020). Pengendara yang melawan arus atau melawan arah tersebut sangatlah membahayakan bagi diri sendiri maupun bagi pengendara lain. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Mulai Senin (26/10/2020) sampai 14 ke depan, kepolisian secara serentak menggelar operasi zebra 2020. Jika tidak ingin terjaring razia dan ditilang, para pengendara kendaraan bermotor harus membawa melengkapi surat-surat berkendara yakni Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Selain itu, kelengkapan lain yang harus dipersiapkan sebelum berkendara yakni memakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI), serta kelengkapan lainnya.

Adapun 7 poin pelanggaran dari pengendara yang pasti ditilang polisi yakni:

  1. Melawan arus
  2. Tidak menggunakan helm
  3. Menerobos palang pintu kereta api
  4. Berhenti melebihi garis marka
  5. Pengemudi berkendara di bawah umur
  6. Melebihi kecepatan
  7. Tidak mematuhi rambu lalu lintas

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Tasikmalaya AKP Bayu Tri Nugraha mengatakan, operasi dengan sandi Zebra Lodaya 2020 ini, pihaknya akan menindak segala bentuk pelanggaran aturan berlalu lintas. Pihaknya juga akan menegur atau mengingatkan pengendara agar menerapkan protokol kesehatan.

"Kami juga ingatkan pengendara motor maupun mobil untuk selalu memakai masker sebagai upaya kepolisian dalam membantu pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19," ujar Bayu, Senin, (26/10/2020).

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Resort Kota Tasikmalaya Kompol Hidayatullah mengatakan, sasaran Operasi Zebra Lodaya 2020 ini yakni para pelanggar lalu lintas, lawan arus, dan menekan kejadian kecelakaan lalu lintas.

"Kami utamakan langkah-langkah preemtif dan preventif dalam penegakan aturan serta selektif dan tematik. Disiplin menerapkan protokol kesehatan tetap diterapkan guna pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polresta Tasikmalaya," ujar Hidatullah.

Orang nomor 2 di Mapolresta Tasikmalaya ini juga mengingatkan setiap anggota yang bertugas harus menanamkan rasa tanggung jawab, jangan sampai arogansi dengan mengedepanjan sikap humanis, sehingga tidak merusak citra polri.

"Dalam kegiatan nanti sebenarnya tidak ada razia, hanya pengecekan protokol kesehatan dan kelengkapan surat dan kelengkapan kendaraan. Namun, apabila ditemukan pelanggaran secara kasat mata akan ditindak sesuai aturan," katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers