web analytics
  

Tak Hanya Dilibatkan dalam Pemilu, Disabilitas Juga Bisa Mengawasi

Senin, 26 Oktober 2020 20:15 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Tak Hanya Dilibatkan dalam Pemilu, Disabilitas Juga Bisa Mengawasi, Bawaslu Kabupaten Bandung,Disabilitas Kabupaten Bandung,Pilkada Kabupaten Bandung

Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Bagi Disabilitas. (Irfan Al-Faritsi)

MARGAHAYU, AYOBANDUNG.COM -- Bawaslu Kabupaten Bandung melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada pemilih disabilitas di Margahayu, Senin (26/10/2020).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga pada Bawaslu Kabupaten, Hedi Ardia, mengatakan pemilih disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam pelaksanaan pemilihan umum, termasuk Pilkada 2020.

"Di Kabupaten Bandung terdapat 2.524 pemilih disabilitas. Ini bisa menjadi mitra strategis dalam turut mengawasi pelaksanaan Pilkada 2020," tutur Hedi.

Banyak yang bisa dilakukan oleh disabilitas untuk turut serta dalam pengawasan, salah satunya adalah memastikan nama mereka dalam daftar pemilih Pilbup Bandung 2020.

"Masuk dalam daftar pemilih merupakan hak seluruh masyarakat, tidak terkecuali disabilitas. Sama seperti masyarakat pada umumnya, jika tidak masuk dalam daftar pemilih, mereka berhak untuk melaporkannya supaya namanya masuk dalam daftar pemilih," ujarnya.

Selain itu, disabilitas juga bisa memastikan kebutuhan mereka dipenuhi penyelenggara, seperti TPS akses dan ketersediaan template untuk disabilitas netra.

"Jika menemukan pelanggaran, disabilitas juga berhak untuk melaporkannya kepada kami. Jadi disabilitas juga bisa bahkan kami harapkan turut mengawasi pilkada 2020," tutupnya.
 

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers