web analytics
  

Wajarkah Demam Setelah Divaksin?

Senin, 26 Oktober 2020 16:57 WIB Icheiko Ramadhanty
Gaya Hidup - Sehat, Wajarkah Demam Setelah Divaksin?, Vaksin Covid-19,vaksin corona,demam setelah vaksin

Relawan disuntik Vaksin Covid-19 di Puskesmas Bandung (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Dokter Penyakit Dalam Rumah Sakit Menteng Mitra Afia, Dirga Sakti Rambe, menjelaskan vaksin memiliki efek samping pada manusia. Dia mengatakan, hampir semua produk medis mempunyai efek samping.

“Tidak perlu jauh-jauh ke produk medis. Sehari-hari kita makan nasi. Nasi yang terlalu banyak juga dapat memicu terjadinya diabetes,” jelas Dirga dalam pemaparannya di akun YouTube FMB9_ID, Senin (26/10/2020).

Berdasarkan penelitian, setidaknya ada dua jenis reaksi yang ditimbulkan dari efek samping vaksin. Diketahui 95% dari efek samping vaksin mempunyai sifat yang ringan, yaitu berupa reaksi lokal nyeri di bekas suntikan.

Hal ini, kata Dirga, yang membuat wajar jika manusia merasa nyeri setelah disuntik. Efek samping lainnya yaitu berupa reaksi sistemik, yaitu demam.

“Demam pasca-vaksinasi bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Demam tersebut merupakan tanda bahwa sistem imunitas kita terstimulasi,” ujarnya.

“Itu adalah bukti bahwa vaksin benar-benar bekerja dan demam karena vaksinasi umumnya hanya berlangsung paling lama 48 jam,” tambah Dirga.

Dirga mengimbau agar nantinya masyarakat yang berhasil disuntik vaksin Covid-19 dan mengalami demam setelahnya, untuk tidak perlu khawatir.

Penanganan demam akibat vaksinasi cukup dibantu dengan mengompres dengan air dingin, obat pereda demam, atau bahkan dapat sembuh sendiri. 

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers