web analytics
  

Akademisi ITB dan Unjani Transfer Ilmu di Cigalontang Tasikmalaya

Senin, 26 Oktober 2020 21:07 WIB Tri Junari
Umum - Regional, Akademisi ITB dan Unjani Transfer Ilmu di Cigalontang Tasikmalaya, ITB,Unjani

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB, Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Informatika (FSI) UNJANI, Himpunan Kimia Indonesia cabang Jawa Barat-Banten, dan HMK Amisca ITB menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Kersamaju, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (24/10/2020). (Tri Junari)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB, Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Informatika (FSI) UNJANI, Himpunan Kimia Indonesia cabang Jawa Barat-Banten, dan HMK Amisca ITB menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Kersamaju, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (24/10/2020).

Kegiatan diisi penyuluhan, sosialisasi, dan pelatihan kepada Karang Taruna, pembuatan handsanitizer dan sabun cair aromaterapi, pengenalan percobaan Kimia sederhana kepada anak-anak sekolah dan pemberian instalasi depot air layak minum untuk masyarakat.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhammad Yudhistira Azis menerangkan, pengabdian masyarakat ini melibatkan 20 orang anggota Karang Taruna Harapan Jaya dengan penerapan protokol kesehatan ketat. 

Selain Karang Taruna, puluhan anak-anak sekolah juga diberikan pengenalan percobaan Kimia sederhana yang bisa mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pembuatan balon gas hidrogen, pencampuran logam besi dengan asam yang menghasilkan gas hidrogen, dan lain sebagainya. 

"Sebagai tambahan, adanya depot instalasi air minum untuk masyarakat dari LPPM ITB dan Himpunan Kimia Indonesia diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat setempat,"ujarnya melalui siaran pers yang diterima Ayobandung.com, Senin (26/10/2020).

Dari kegiatan ini, masyarakat Karang Taruna dan anak-anak sekolah setempat mendapatkan berbagai wawasan baru. Informasi yang diberikan dirancang agar mudah dipahami oleh masyarakat dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. 

Menurutnya, di Desa Kersamaju dilintasi sungai Ciwulan dan memanfaatkannya sebagai sumber air bersih warga. Namun, dari hasil identifikasi yang telah dilakukan, kandungan air tersebut masih bersifat asam (pH < 7) karena berasal dari area persawahan.

"Sementara kualitas air yang baik berkisar pada pH netral 6,5-7,5. Sehingga masyarakat desa Kersamaju perlu diedukasi mengenai pemilihan sumber air layak minum,"jelasnya.

Kepala Desa Kersamaju, Enuh Nuhdin mengungkapkan bahwa kegiatan ini meruypakan kegiatan yang baru pertama kalinya diadakan, dimana para akademisi berkolaborasi membantu masyarakat desa. 

Topik edukasi masyarakat desa mengenai ilmu Kimia sederhana sangat membantu dalam menambah wawasan dan kepedulian masyarakat setempat.

"Diharapkan untuk kedepannya, kegiatan yang sejenis atau yang berbeda dengan skala lebih besar untuk seluruh masyarakat dapat diberikan setelah pandemi berakhir,"tandasnya.

Tag
Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers