web analytics
  

Ini Satu-satunya Wilayah Zona Merah di Jawa Barat

Senin, 26 Oktober 2020 15:52 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, Ini Satu-satunya Wilayah Zona Merah di Jawa Barat, Zona hijau Jawa Barat,Zona merah Jawa Barat,Zona Covid-19,Update Covid-19 Jawa Barat

Warga berfoto di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (1/9/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan zona kewaspadaan daerah di Jabar terhadap penyebaran Covid-19 minggu ini. Hasilnya menunjukan hanya satu daerah di Jabar yang masuk ke dalam zona kerentanan tinggi atau zona merah.

Daerah yang masuk zona merah saat ini adalah Kota Depok. Jumlah daerah di zona merah terus berkurang setelah minggu lalu terdapat dua daerah yang tergolong ke dalam kategori ini.

"Minggu lalu ada dua, Kabupaten Bekasi dan Cirebon. Sekarang tinggal satu, Kota Depok," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Senin (26/10/2020).

Ia mengatakan, kembalinya Kota Depok ke zona merah setelah minggu lalu berada di zona oranye adalah karena masih tingginya sebaran Covid-19 di dua klaster. Yakni klaster perkantoran dan klaster rumah tangga.

"Ini karena pergerakan dan klaster rumah juga klaster perkantoran masih meningkat," ungkapnya.

Zona kewaspadaan Covid-19 di seluruh kabupaten/kota di Indonesia ditetapkan oleh pemerintah pusat lewat 15 indikator kesehatan masyarakat. Ke-15 indikator tersebut terdiri dari 11 indikator epidemiologi, 2 indikator surveilans kesehatan masyarakat, dan 2 pelayanan kesehatan.

Secara berkala, epidemiolog akan menghitung situasi setiap kabupaten/kota dengan menghitung skor masing-masing indikator tersebut. Nantinya, skor akan dikalkulasi sehingga menghasilkan angka dengan skala 0-3. Semakin rendah skor, maka zona yang didapat semakin tinggi atau rentan terhadap Covid-19.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers