web analytics
  

Bunga Bangkai Mekar di Pekarangan Rumah Warga di Arcamanik

Senin, 26 Oktober 2020 10:18 WIB Fira Nursyabani
Bandung Raya - Bandung, Bunga Bangkai Mekar di Pekarangan Rumah Warga di Arcamanik, Bunga bangkai di Arcamanik,Amorphophallus paeoniifolius,Bunga bangkai di Bandung

Sebuah bunga bangkai raksasa jenis Amorphophallus paeoniifolius mekar di pekarangan rumah seorang warga di Jalan Aeromodeling, No.89, Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. (dok. Ayobandung.com)

ARCAMANIK, AYOBANDUNG.COM --  Sebuah bunga bangkai raksasa jenis Amorphophallus paeoniifolius mekar di pekarangan rumah seorang warga di Jalan Aeromodeling, No.89, Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung.

Pemilik rumah, Iswara (82), mengatakan bunga bangkai tersebut ditemukan mekar pertama kali pada 23 Oktober 2020 lalu. Ia mengaku mencium bau busuk yang ternyata berasal dari bunga tersebut.

"Tanggal 23 Oktober mekarnya," ujar Iswara, Senin (26/10/2020).

Iswara mengaku sejak 12 tahun lalu ia sudah menanam tanaman suweg (sejenis porang) di pot pekarangan rumahnya. Namun, baru kali ini tanaman itu berbunga.

"Sebelumnya saya mencari suweg, mau diekspor katanya, sisanya saya tanam di pot," jelasnya.

Setelah mekar, bunga setinggi 60 cm tersebut kemudian dipindahkan Iswara ke tanah. Ia mengaku baru menghubungi kantor Kelurahan Cisaranten Wetan terkait mekarnya bunga bangkai di pekarangan rumahnya. 

Amorphophallus paeoniifolius merupakan tanaman sejenis umbi-umbian yang tumbuh di wilayah tropis seperti Afrika, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Bunganya berbentuk unik dengan warna merah muda keunguan.

Bunganya disebut bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Bau ini tentunya berguna untuk menarik serangga. Rata-rata bunga bangkai ini akan mati dalam waktu 5 hari.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers