web analytics
  

Penumpang KA Diminta Rapid Test H-1 Keberangkatan

Senin, 26 Oktober 2020 10:00 WIB Firda Puri Agustine
Umum - Nasional, Penumpang KA Diminta Rapid Test H-1 Keberangkatan, Rapid test di Stasiun,Libur Panjang,PT KAI,Rapid test penumpang kereta

Calon penumpang menjalani rapid test di Pintu Utara Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung, Rabu (19/8/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan kebijakan rapid test di stasiun pada momen libur panjang pekan depan. Rapid test harus dilakukan satu hari atau H-1 sebelum jadwal keberangkatan. 

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa menjelaskan, hal itu dilakukan untuk menghindari keterlambatan atau tertinggal kereta api akibat peningkatan jumlah penumpang. 

"Penumpang diiimbau agar melakukan rapid test H-1 sebelum jadwal keberangkatan bagi calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan rapid test di stasiun," kata Eva dalam keterangannya, Minggu (25/10/2020).

Lebih lanjut dia berpesan, calon penumpang diharapkan dapat mengatur waktu keberangkatannya dan menyiapkan rentang waktu yang cukup jika tetap akan melakukan rapid test pada hari yang sama dengan hari keberangkatan.

"Tidak disarankan datang tiga jam sebelum keberangkatan untuk menghindari risiko tertinggal KA mengingat antrean rapid test di stasiun cukup padat," jelasnya.

Rapid test bagi calon penumpang KA tidak harus dilakukan di stasiun namun dapat juga dilakukan di klinik-klinik terdekat yang menyediakan fasilitas rapid test.

"Calon penumpang KA yang ingin melakukan rapid test di stasiun harus memiliki kode booking tiket KAJJ yang telah terbayar lunas," kata Eva. 

Calon penumpang yang kedapatan reaktif saat rapid test tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA dan tiket akan dilakukan pengembalian bea 100% di luar bea pesan serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut. 

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers